Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Sofa yang Wajib Kamu Kenali

 

mengenal jenis sofa

Jenis Sofa – Dari sekian banyaknya jenis furniture yang ada, sofa pun menjadi salah satu furniture yang wajib ada pada sebuah hunian. Biasanya sofa akan di tempatkan di beberapa area tertentu, seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

Dilihat dari segi fungsinya, tentu saja sofa ini dapat meningkatkan rasa nyaman saat kita duduk. Bukan hanya itu, keberadaan sofa tersebut juga mampu meningkatkan nilai estetika. Bahkan, ada pula yang beranggapan bahwa penggunaan sofa merupakan ajang adu gengsi bagi si pemilik rumah lho.

Perlu diketahui, sofa itu sendiri terdiri dari beragam jenis yang masing-masingnya memiliki spesifikasi berbeda-beda. Ya, mulai dari bentuk, motif, warna, bahan, tingkat kekuatan, tekstur, harga, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis sofa, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal 9 Jenis Sofa Terbaik

1. Sofa Bed

Mengenal 9 Jenis Sofa Terbaik - sofa bed

Bagi kamu yang hobi tidur diatas sofa, maka jenis Sofa Bed ini merupakan pilihan yang paling tepat. Bahkan, Sofa Bed juga sangat cocok diaplikasikan pada tipe rumah minimalis lho.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Sofa Bed memiliki sifat multifungsi yang dapat digunakan sebagai tempat duduk maupun tempat tidur. Adapun mengenai ciri khas dari Sofa Bed, seperti menonjolkan jahitan-jahitan kecil dan bagian lengannya terlihat tampak tersembunyi.

Tak cuma itu, jenis Sofa Bed juga mempunyai tekstur yang begitu halus dan lembut dengan bantalan-bantalan super empuk. Menariknya lagi, terdapat pula beberapa tipe Sofa Bed yang sudah dilengkapi dengan roda.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika jenis Sofa Bed sangat cocok digunakan untuk menciptakan kenyamanan yang maksimal.

2. Sofa L

Mengenal 9 Jenis Sofa Terbaik - sofa L

Sofa chaise atau yang lebih populer dengan nama Sofa L juga menjadi salah satu jenis yang paling populer dipasaran. Pasalnya, jenis sofa yang satu ini memiliki tekstur empuk sehingga nyaman saat kita duduk diatasnya.

Tak hanya memiliki tekstur yang empuk, Sofa L juga sudah terbukti cukup kokoh dan tahan lama. Mengenai tampilan fisiknya, sofa tersebut memiliki bentuk seperti huruf “L“ dengan punggung yang terdiri dari satu hingga dua atau bahkan tanpa lengan.

Meski demikian, ada juga sebagian tipe sofa L yang memiliki kontur sehingga membuatnya tampak lebih elegan dan cocok dijadikan tempat untuk berbaring. Sedangkan pada tipe lainnya tampil dengan bentuk tegak, serta terkesan mengusung kontemporer dan bisa digunakan untuk duduk bersebelahan maupun bersandar.

Artikel Menarik Lainnya :Berbagai Ide Desain Kolam Ikan Outdoor Minimalis yang Memanjakan Mata

3. The Classic Round Arm Sofa

9 jenis sofa - The Classic Round Arm Sofa

Sesuai dengan namanya, dimana jenis sofa ini tampil dengan nuansa klasik. Selain memiliki tampilan yang indah, tingkat kekuatan pada The Classic Round Arm Sofa ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Hal itu pun terbukti, yang mana jenis sofa tersebut mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Pada awal produksi, biasanya The Classic Round Arm Sofa sudah dilengkapi dengan sarung atau pelapis bermotif bunga-bungaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini The Classic Round Arm Sofa tampil dengan mengusung linen berwarna putih dan fabric neutral yang membuatnya tampak lebih mewah dan elegan.

4. Sofa Chesterfield

9 jenis sofa - sofa chesterfield

Berbicara soal jenis soal untuk kalangan menengah ke atas, maka Sofa Chesterfield ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Sofa Chesterfield benar-benar kental dengan nunasa kemewahan.

Mengenai materialnya, lapisan luar Sofa Chesterfield ini terbuat dari bahan kulit asli. Nah, karena material kulit tersebutlah yang membuat Sofa Chesterfield ini dibanderol dengan harga mahal. Menurut informasi yang didapat, harga Sofa Chesterfield berada di atas Rp 7 jutaan lho!

Sofa Chesterfield tampil dengan bentuk yang panjang dan tebal, serta terdapat kancing yang ada di bagian dalam dan belakang. Adapun mengenai ciri khas dari Sofa Chesterfield yang tidak dimiliki oleh jenis sofa lainnya, yakni lengan sofa yang digulung dan tingginya sama dengan bagian punggung.

5. Sofa Tuxedo

9 jenis sofa - sofa tuxedo

Tuxedo juga merupakan salah satu jenis sofa terbaik yang cukup diminati oleh masyarakat. Sofa Tuxedo dirancang oleh desainer interior ternama, yakni Billy Baldwin. Namun, terdapat banyak sekali iterasi pada jenis Sofa Tuxedo tersebut.

Untuk pembedanya, maka Sofa Tuxedo tampil dengan bentuk kotak dimana bagian lengannya memiliki ukuran tinggi yang sama dengan punggung dan kaki berlapis ataupun terbuka.

Bukan hanya itu, jenis Sofa Tuxedo juga memiliki tampilan yang sangat bersih, berjajar geometris, serta sudah dilapisi dengan kain.

6. Sofa Camel Back

9 jenis sofa - sofa camel back

Pada umumnya, jenis Sofa Camel Back ini mengusung bentuk yang lebih ramping dengan lengkungan menjulang di bagian tengah sandarannya. Adapun mengenai asal usul pemberian nama Camel, dikarenakan bagian lengkungannya memang menyerupai punggung unta.

Sofa Camel Back memiliki lengan setinggi sandaran punggung dengan ujung persegi, sedangkan bagian kakinya tampak terekspos dan tidak dibekali dengan bantalan punggung. Jenis sofa yang satu ini benar-benar menghadirkan perpaduan nuansa tradisional dengan modern, sehingga cocok diaplikasikan pada semua tipe hunian.

7. Sofa Lawson Style

9 jenis sofa - sofa lawson style

Sofa Lawson Style memang dirancang khusus untuk meningkatkan kenyamanan serta mempertegas nuansa stylish. Adapun karakteristiknya tampil dengan bentuk tegas, padat, dan kokoh. Biasanya, Sofa Lawson Style terdiri dari tiga dudukan dengan bantalan punggung pada masing-masing dudukannya.

Bukan hanya itu, bagian lengannya pun tampak lebih rendah dari sandaran dengan bentuk melingkar atau persegi. Apa lagi material yang digunakannya terbuat dari bahan berkualitas tinggi, sehingga tingkat kenyamanan pada Sofa Lawson Style ini sudah tidak perlu diragukan.

Baca Juga : Begini Trik Mudah Untuk Menata Dekorasi Interior Rumah Ala Korea

8. Sofa Cabriole

9 jenis sofa - sofa cabriole

Sejarah telah mencatat bahwa jenis Sofa Cabriole ini sudah ada sejak awal abad ke-18, atau tepatnya pada zaman raja Louis XV. Itu sebabnya, mengapa jenis Sofa Cabriole selalu identik dengan furniturenya para bangsawan. Ya, penggunaan Sofa Cabriole ini memang sangat kental dengan nuansa kemewahan dan kemegahan.

Mengenai ciri khasnya, Sofa Cabriole mempunyai bingkai kayu terbuka yang dipercantik dengan adanya ukiran-ukiran khas klasik. Tak hanya itu, bagian punggung dan lengannya tampak tersambung karena memiliki ukuran tinggi yang sama.

Adapun mengenai bagian kakinya yang terdapat lengkungan, dimana bagian atas dan bawahnya juga tampak cembung.

9. Sofa Loveseat

9 jenis sofa - sofa loveseat

Sebenarnya jenis Sofa Loveseat ini di definisikan oleh bagian punggung berbentuk lurus dengan ruang dibagi dua orang untuk duduk secara nyaman. Bahkan, jenis sofa yang satu tersebut juga bisa masuk ke sudut yang sempit sekalipun.

Guna mempertas nuansa hangat, biasanya Sofa Loveseat ini akan dialasi dengan karpet bulu. Selain mempertegas nuansa kehangatan, tentunya perpaduan Sofa Loveseat dengan karpet bulu tersebut akan meningkatkan rasa kenyamanan di dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa jenis sofa terbaik yang mungkin saja kamu tertarik untuk membeli salah satunya?

 

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Sofa yang Wajib Kamu Kenali"