Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kayu Apa yang Bagus Untuk Furniture?

Jenis Kayu untuk Furniture

Jenis Kayu Furniture – Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa hingga sampai saat ini kayu masih menjadi material andalan untuk bidang furniture. Ya, meski saat ini telah hadir material berupa kayu sintetis alias kayu olahan, namun material kayu solid (kayu asli) masih tetap menjadi pilihan utama untuk furniture.

Hal itu bukan tanpa sebab, karena material kayu asli mempunyai tingkat kekuatan dan keindahan yang tidak dimiliki oleh material kayu olahan.

Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa semua jenis kayu itu cocok dijadikan bahan baku untuk produk furniture lho. Tentu saja kayu yang digunakan haruslah memiliki spesifikasi yang bagus, mulai dari tekstur, tingkat kekuatan, hingga tingkat keindahan warna dan pola seratnya.

Lalu, jenis kayu apa sajakah yang cocok untuk dijadikan furniture?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture

1. Kayu Jati

Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture - kayu jati

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa jati merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik di dunia. Hal itu pun terbukti, yang mana kayu jati selalu diandalkan untuk berbagai bidang, termasuk pada produk furniture.

Pohon jati pada umumnya mempunyai batang lurus yang tumbuh dengan ukuran diameter sekitar 1,8 – 2,4 meter, sedangkan ukuran tingginya berkisar antara 40 – 45 meter. Dinilai dari kualitas secara keseluruhan, kayu jati ini memang yang terbaik diantara jenis kayu lainnya.  

Itu sebabnya, mengapa furniture maupun property yang berbahan kayu jati selalu dibanderol dengan harga yang mahal. Kualitas kayu jati itu sendiri akan dinilai dari beberapa aspek, mulai dari tingkat kekerasan, tingkat kekuatan, tingkat kepadatan serat, tingkat keindahan pola serat, dan tingkat keindahan warna.

Namun, kayu jati itu sendiri dibedakan lagi kedalam tiga kelas berbeda yakni grade A, grade B, dan grade C. Alhasil, kualitas dan harga yang ditawarkan dari masing-masing kelas kayu jati tersebut akan berbeda pula.

Adapun mengenai penyebaran pohon jati di Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera, dan sebagainya. Menurut kabar yang beredar, kayu jati dengan kualitas terbaik itu berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Batang pohon jati kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan poperty dan furniture seperti meja, kursi, lemari, rak, Kusen pintu dan jendela, Lantai kayu parket, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Daftar Harga Kayu Kaso dan Jenis Kayu Bangunan Lainnya

2. Kayu Merbau

Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture - kayu merbau

Tak hanya jati, merbau juga merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik di dunia. Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari Kayu Merbau, yaitu tampilannya yang berwarna merah dengan pola serat berbentuk lurus.

Sehingga tak heran jika furniture yang berbahan kayu merbau ini mampu menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural. Untuk tingkat kekerasan dan keawetannya, Kayu Merbau termasuk kedalam kelas I dan kelas II.

Hal itu pun terbukti, yang mana Kayu Merbau tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Bahkan, potensi pemuaian dan penyusutan pada Decking Kayu Merbau juga tergolong cukup rendah lho. Itu sebabnya, mengapa Kayu Merbau bisa digunakan untuk furniture indoor maupun outdoor.

3. Kayu Ulin

jenis kayu untuk furniture - kayu ulin

Berbicara soal kayu dengan tekstur sekeras besi, maka kayu ulin ini adalah jawabannya. Penyebaran pohon kayu ulin di Indonesia kebanyakan berasal dari kawasan hutan tropis Kalimantan dan Sumatera. Untuk tingkat kekerasannya, kayu ulin memiliki tekstur sekeras besi. Adapun tingkat kekuatan dan keawetan kayu ulin yang termasuk kedalam kelas 1.

Sehingga tak heran jika kayu ulin sangat cocok dijadikan bahan baku untuk kebutuhan furniture maupun konstruksi bangunan seperti lantai kayu outdoor (deck wood), pembuatan meja, kursi, lemari, kusen, pembuatan jembatan, bantalan rel kereta, dan lain sebagainya. 

Pohon ulin termasuk kedalam jenis pohon dengan pertumbuhan yang lambat, sehingga ketersediaan kayu ulin tidak pernah mencukupi kebutuhan industri perkayuan. Itu sebabnya, mengapa harga kayu ulin di pasar tergolong cukup mahal.

Karakteristik kayu dari pohon ulin terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, kelembapan, dan tahan terhadap pengaruh air laut. Adapun mengenai beragam jenis kayu ulin yang tersedia dipasaran seperti :

  • Ulin Tando yang memiliki warna coklat kemerahan
  • Ulin Lilin yang memiliki warna cokelat gelap
  • Ulin Tembaga dengan warna yang cenderung kekuningan
  • Ulin kapur yang memiliki warna cokelat muda.

4. Kayu Jati Belanda

Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture - kayu jati belanda

Jenis kayu furniture terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa kayu pinus atau yang sering disebut dengan jati belanda. Untuk tampilannya, kayu pinus ini memiliki perpaduan warna putih dan kuning cerah. Itu sebabnya, mengapa kayu pinus mudah ditimpa oleh warna lain.

Bukan hanya itu, bahkan bobot kayu pinus ini cenderung lebih ringan ketimbang jenis kayu lainnya lho. Begitupula dengan harga kayu pinus yang relatif terjangkau, sehingga membuatnya sangat ideal dijadikan bahan baku untuk berbagai jenis furniture.

5. Kayu Sonokeling

Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture - kayu sonokeling

Ini dia kayu yang tampilannya paling mudah dikenali diantara jenis kayu lainnya.  Pasanya, kayu sonokeling ini tampil dengan mengusung perpduan warna hitam dan cokelat kekuningan.

Nah, ketiga perpaduan warna tersebutlah yang membuat tampilan kayu sonokeling tampak lebih unik dan eksotik. Menariknya lagi, ternyata kayu sonokeling juga memiliki aroma harum yang khas seperti wangi bunga mawar ketika baru dibelah pada saat proses pengolahan.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu sonokeling sering disebut dengan nama Rosewood.

Penyebaran pohon kayu sonokeling meliputi kawasan Asia Selatan, Afrika, Madagaskar, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Di Indonesia, Dalberdia Latifola ini biasanya sering disebut dengan nama kayu sonokeling.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mudah Memilih Jenis Pintu Untuk Rumah Minimalis

6. Kayu Bacote

Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture - kayu bacote

Tak berbeda jauh dengan sonokeling, yang mana kayu bacote juga tampil dengan motif unik dan eksotik. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kayu bacote mengusung perpaduan warna hitam dan kuning kemerahan. Tak hanya tampilannya yang eksostik, bahkan tingkat kekuatannya pun sangatlah mumpuni.

Bacotte merupakan pohon kayu yang berasal dari daerah Meksiko dan Amerika Selatan, yang mana ukuran tinggi pohonnya mencapai 30 meter dengan diameter sekitar 1,5 meter. Kayu yang satu ini kerap menadi primadona untuk kebutuhan furniture, karena warna dan motifnya yang begitu nyentrik seperti zebra.

Ketika dibelah, biasanya kayu bacote akan mengeluarkan cairan sejenis minyak yang berfungsi untuk melindunginya dari saerangan hama rayap. Kendati demikian, proses pengolahan kayu bacote ini masih tergolong cukup mudah. 

Berkat kandungan minyak dan motif menarik yang dimilikinya, maka tak heran jika sebuah furniture yang berbahan kayu bacote ini memiliki nilai estetika tinggi. Tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan furniture, kayu bacote juga sering dijadikan untuk pembuatan alat musik, pembuatan perahu, hingga pegangan senjata. 

Nah, itulah deretan jenis kayu terbaik yang cocok dijadikan bahan baku untuk furniture.

 

 

Posting Komentar untuk " Jenis Kayu Apa yang Bagus Untuk Furniture?"