Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Harga Pasir Beton di Bandung yang Terbarunya

 

Harga pasir beton Bandung

Harga pasir beton Bandung – Dalam membangun sebuah konstruksi bangunan, tentu saja pasir menjadi salah satu jenis material yang tak dapat dipisahkan. Hal itu bukan tanpa sebab, karena material pasir memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan pondasi bangunan yang kuat dan kokoh.

Ada beragam jenis pasir bangunan yang dapat kita jumpai dipasaran. Tentu saja pada masing-masing jenis pasir tersebut mempunyai ciri khas tersendiri. Ya, seperti halnya pasir beton yang memiliki karakteristik berbeda dengan jenis pasir bangunan lainnya.

Nah, sebelum membahas harganya, lebih baik kita pahami dulu seluk beluk pasir beton tersebut. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Karakterisik Pasir Beton

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, pasir beton ini mengusung warna abu-abu gelap hingga kehitaman. Sedangkan dari sisi tekstur, pasir beton memiliki tekstur yang sangat halus saat dipegang. Bukn hanya itu, ketika kamu menggemgamnya, maka pasir beton ini tidak membentuk gumpalan dan akan langsung membuyar.

Karakterisik Pasir Beton

Dikarenakan memiliki tekstur yang sangat halus, maka tak heran juga jika pasir beton sering digunakan untuk menguatkan serta merekatkan material lainnya seperti batu bata dan batako. Adapun mengenai manfaat lainnya seperti untuk merekatkan batu pondasi plester dinding rumah, dan pengecoran dinding.

Selain daya tahannya yang begitu kuat, penggunaan pasir beton juga akan membuat hasil akhir plesteran dinding menjadi lebih mulus lagi. Bukan hanya itu, bahkan pasir beton juga sering dipakai untuk material agregat halus dalam proses pembuatan beton precast.

Harga Pasir Beton Berdasarkan Jenis

  • Pasir Beton Galunggung : Rp 7.800.000 / 1 Truk
  • Pasir Beton Cimalaka : Rp 1.400.000 / 1 Mobil Colt
  • Pasir Beton : Rp 15.000 / 1 karung (25 kg)
  • Pasir Beton / Batu Split : Rp 1.850.000 /1 Mobil Colt

Baca Juga : Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Pasir Bangunan

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Pasir

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Dikarenakan jenis pasir yang tersedia dipasaran terdiri dari beberapa macam, tentu saja kita harus memilih pasirnya yang sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, kita juga harus menyesuaikan dengan budget. Pasalnya, pasir dijual dalam jumlah yang bervariasi, mulai dari per kilogram, per karung, per satu mobil colt, dan per truk.

2. Pastikan Kondisinya Harus Bersih

Pastikan Kondisinya Harus Bersih

Perlu kalian ketahui, bahwa pasir yang berkualitas bagus itu tidak memiliki kandungan kotoran organic seperti ranting lapuk, lumpur, daun kering, dan bahan-bahan asing lainnya. Itu sebabnya, mengapa pasir yang bersih kerap dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

3. Mengecek Pasir Dengan Menggenggamnya

Mengecek Pasir Dengan Menggenggamnya

Untuk mengetahui kualitas pasir, kita bisa melakukan dengan cara menggenggamnya. Ya, coba genggam pasir tersebut dengan kedua telapak tanganmu, lalu buka lagi genggamannya lalu jatuhkan pasir dengan menepukkan tangan. Adapun mengenai ciri-ciri pasir beton yang berkualitas seperti berikut:

  • Kondisi pasir beton harus bersih. Saat diuji dengan menggunakan larutan pencuci khusus, maka tinggi endapan pasir yang terlihat dibanding dengan tinggi semua endapan tidak kurang dari 70%
  • Kadar butiran pasir beton yang melalui proses pengayakan adalah 0,063 mm, dan tidak boleh lebih dari 5% berat
  • Tingkat angka kehalusan butir pasir (FM) berada di kisaran 2,2 sampai 3,2. Ketika diuji dengan rangkaian ayakan, maka angkanya terdiri dari 0,16 : 0,315, 0,63 : 1,25, 2,50, 0,5 dan 10 mm. Sedangkan fraksi yang melalui ayakan berkisar 0,3 mm atau minimalnya 15% berat
  • Pasir beton tidak boleh mampunyai kandungan zat organic karena bisa mengurangi kualitas beton. Maka dari itu, pasirnya akan direndam dalam cairan 3% NaOH sehingga cairan diatas endapannya tidak boleh lebih gelap dari warna larutan pembanding
  • Sifat kekelan pasir terhadap Na4SO4 merupakan fraksi yang hancur dan tidak boleh lebih dari 12% berat. Sedangkan kekelan terhadap larutan MgSO4 adalah fraksi yang hancur dan tidak boleh lebih dari 10% berat
  • Untuk beton dengan tingkat keawetan yang tinggi, maka reaksi filternya terhadap zat alkali harus berstatus negative.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai daftar harga pasir beton yang terbarunya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

 

Posting Komentar untuk "Review Harga Pasir Beton di Bandung yang Terbarunya"