Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis

Tips Mendesain Ruang Tamu Minimalis

Siapa bilang bahwa sebuah hunian yang nyaman itu harus memiliki ukuran besar? Buktinya, rumah tipe minimalis pun dapat menghadirkan kenyamanan yang maksimal lho. Namun, hal itu tergantung pada teknik dekorasi yang kita lakukan, serta harus memilih desain yang cocok dengan elemen-elemen interiornya.

Mengingat temanya adalah rumah minimalis, tentu saja pada setiap ruangannya memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Meski berukuran kecil, namun hal tersebut jangan sampai membatasi kreativitas kita dalam mendekornya.

Akan tetapi, ada beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan dalam mendesain ruang tamu berukuran kecil. Hal-hal apa sajakah itu...???

Nah, biar kalian gak penasaran mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Hal Penting Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis

1. Coba Bermain Dengan Warna Netral

6 Hal Penting Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis - bermain dengan warna netral

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa rumah tipe minimalis selalu mengandalkan warna-warna netral yang cerah seperti putih, abu muda, krem, dan lain sebagainya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena warna netral tersebut dapat memantulkan cahaya sehingga akan menciptakan efek ruangan yang terkesan lebih luas. Tak hanya memberikan kesan luas, bahkan warna-warna netral ini juga akan membuat ruang tamu tampak lebih mewah dan elegan lho.

Biasanya warna-warna netral tersebut akan diaplikasikan pada area dinding, lantai, dan perabotan rumah tangga.

2. Pertimbangkan Pemilihan Jenis Sofa yang Tepat

6 Hal Penting Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis - pemilihan jenis sofa yang tepat

Dalam hal ini kamu bisa memilih berbagai jumlah dudukan sofa, mulai dari 2 hingga 3 dudukan serta desain yang sesuai keinginanmu. Agar tercipta nuansa mewah, maka kamu bisa menggunakan sofa yang materialnya terbuat dari bahan kulit atau velvet.

Adapun mengenai warna sofa yang dianjurkan untuk mendapatkan nuansa mewah, seperti warna gelap atau warna netral. Selain karena dapat memberikan aksen mewah, sofa yang berwarna gelap juga tidak mudah kotor.

3. Gunakan Karpet yang Tepat

6 Hal Penting Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis - gunakan karpet yang tepat

Sebuah alas duduk itu tidak melulu seputar kursi dan sofa saja. Ya, karpet juga merupakan salah satu jenis alas duduk yang dapat kamu gunakan pada ruang tamu.

Sangat disarankan bagi kamu untuk memilih karpet yang berkualitas agar nyaman saat dipakai dan mudah dibersihkan. Tak hanya menampilkan nuansa hangat saja, bahkan penggunaan karpet pada lantai ini juga bisa mempertegas kesan mewah dan glamour.

Namun, untuk mendapatkan aksen mewah tersebut tak harus pada karpet-karpet yang memiliki motif atau corak saja. Pasalnya, kesan kemewahan pada ruang tamu juga bisa kamu dapatkan dengan menggunakan karpet polos berbahan velvet.

Disamping itu, jangan lupa juga untuk mengkombinasikan secara serasi antara desain karpet dengan warna dinding serta furniture ruangan.

4. Menggunakan Meja yang Berukuran Kecil

6 Hal Penting Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis - gunakan meja yang berukuran kecil

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa ukuran di setiap ruangan rumah tipe minimalis itu tidaklah besar. Maka dari itu, kamu harus lebih bijak lagi saat memilih berbagai jenis furniture maupun perabotan.

Dalam hal ini kamu dapat menggunakan meja yang ukurannya tidak terlalu besar, sedangkan materialnya yang terbuat dari perpaduan rangka stainles steel dengan permukaan meja berbahan marmer.

Alhasil, meja tersebut akan membuat tampilan ruang tamu rumahmu akan tampak lebih mewah dan bernilai estetika tinggi. Namun, pastikan juga ukuran mejanya tidak boleh lebih besar dari ukuran sofa.

5. Jangan Ceroboh Dalam Memilih Jenis Lampu

6 Hal Penting Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis - jangan ceroboh saat memilih lampu

Lampu merupakan salah satu elemen yang memiliki peranan penting dalam mempengaruhi tampilan interior ruangan. Untuk mendapatkan nuansa yang lebih mewah, maka ruang tamu rumahmu harus menggunakan tipe lampu gantung.

Tak hanya dapat memberikan nuansa mewah, tipe lampu gantung juga akan mempertegas kesan glamour dan elegan. Akan tetapi, tipe lampu tersebut hanya cocok diaplikasikan pada ruangan tamu yang langit-langitnya berukuran tinggi.

Jika kamu tidak ingin menggunakan lampu pada area langit-langit, maka ganti dengan lampu lantai dengan desain yang sesuai konsep interior rumah.

6. Pertimbangkan Jenis Lantai yang Akan Digunakan

Ada banyak sekali jenis material lantai yang tersedia dipasaran, sehingga pada masing-masing jenisnya memiliki ciri khas tersendiri. Adapun mengenai jenis lantai yang direkomendasikan untuk ruang tamu minimalis seperti berikut :

Lantai Kayu

lantai untuk ruang tamu - lantai kayu

Lantai kayu atau yang biasa disebut dengan istilah parket (parquete), merupakan bahan penutup lantai yang terbuat dari kayu solid (kayu utuh). Dengan demikian, maka tak heran juga jika penggunaan lantai kayu parket dapat menghadirkan nuansa natural namun tetap elegan.

Selain memiliki tampilan yang indah, lantai kayu juga sudah terbukti kokoh sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih jika diberi perawatan yang tepat, dimana daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun lho.  

Lantai Keramik

lantai untuk ruang tamu - lantai keramik

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan jenis bahan lantai yang satu ini bukan? Lantai keramik memiliki fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah termasuk ruang tamu.

Tak hanya kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat. Menariknya lagi, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis lantai kayu. Seiring dengan perkembangan teknologi, lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep hunian rumah.

Adapun mengenai berbagai macam motif keramik yang dapat kita jumpai dipasaran, mulai dari motif bebatuan, kayu-kayuan, dan lain sebagainya.

Lantai Granit

lantai untuk ruang tamu - lantai granit

Ngomong-ngomong soal jenis lantai yang dapat menghadirkan nuansa mewah, maka lantai granit ini adalah jawabannya. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit buatan yang menyuguhkan beragam motif dengan harga lebih murah.

Akan tetapi, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Lantai Marmer

lantai untuk ruang tamu - lantai marmer

Tak berbeda jauh dengan lantai granit, yang mana marmer juga merupakan lantai kelas atas dengan nuansa mewah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai marmer tampil dengan kilauan bening yang dapat menciptakan nuansa mewah dan elegan.

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Ya jelas demikian, mengingat ketersediaan bahan bakunya yang terbatas.

Selain menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama lho. Adapun mengenai satu kekurangan pada lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

Dengan kata lain, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Soalnya, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat hendak mendesain ruang tamu minimalis.

 

 

 

 

  

Posting Komentar untuk "Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis"