Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Trik Simple yang Ampuh Untuk Membasmi Rayap

 

Ini Dia Trik Simple yang Ampuh Untuk Membasmi Rayap

Trik membasmi rayap – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebagian besar furniture maupun mebel itu terbuat dari bahan kayu. Bahkan, bidang konstruksi juga tidak bisa lepas dari peranan material kayu.

Akan tetapi, material kayu kerap dihadapkan pada berbagai permasalahan yang dapat menurunkan kualitas bahkan merusak strukturnya. Ya, rayap pun menjadi salah satu masalah terbesar bagi semua jenis kayu.

Serangga mungil yang satu ini sering meggoroti bagian dalam kayu, sehingga tingkat kekuatannya menjadi semakin rapuh. Terdapat beberapa elemen didalam rumah yang menjadi sasaran empuk bagi rayap, seperti kusen pintu, jendela, meja, lemari, dan perabotan kayu lainnya.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa trik simple yang ampuh untuk membasmi rayap.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

7 Cara Alami Terampuh Mengusir Rayap

1. Segera Perbaiki Lantai Keramik yang Rusak

Kondisi keramik yang telah rusak akan menyebabkan uap air dapat dengan mudah masuk ke rumah, sehingga suhu dalam rumah akan menjadi lembap. Apalagi jika rumahmu itu mengalami kebocoran pada pipa tertentu, yang tentu saja kadar kelembapan di rumah menjadi semakin tinggi.

Segera Perbaiki Lantai Keramik yang Rusak

Jika kondisi terebut dibiarkan, tentu saja akan mengundang rombongan rayap untuk masuk kedalam rumah dan menyerang semua perabotan yang berbahan kayu. Maka dari itu, kamu jangan pernah menganggap remeh kerusakan sedikitpun pada keramik dan pipa.

Pasalnya, dengan memperbaiki kerusakan pada keramik terbukti cukup efektif untuk membasmi rayap sebelum mereka membangun koloninya. Tak hanya keramik, mencegah kebocoran pada pipa rumah juga bertujuan agar tidak terjadi perembesan kemaa-mana.

Baca Juga : Yuk, kita Ketahui Jenis-jenis Lantai Keramik

2. Pastikan Area Dinding Tidak Retak

Disarankan bagi kamu untuk memeriksa kondisi dinding rumah secara berkala. Hal ini dikarenakan tidak sedikit dari kita yang tak menyadari adanya keretakan pada dinding rumah.

Pastikan Area Dinding Tidak Retak

Nah, dinding retak inilah yang menjadi jalan masuk bagi gerombolan rayap untuk masuk kedalam rumah, sehingga kamu akan kewalahan dalam mencari cara membasmi rayap saat koloninya sudah terbentuk.

Maka dari itu, kamu wajib memeriksa setiap sisi dinding rumah dengan teliti. Seandainya terdapat celah atau keretakan, segera tutupi dengan semen putih. Jika tidak tahu caranya, kamu pun bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang memang lebih ahli dalam bidang tersebut.

3. Hindari Kontak Perabotan Kayu Dengan Tanah

Jika material dirumahmu di dominasi oleh material berbahan kayu, maka perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Pasalnya, cara ini sangat membantu dalam membasmi rayap tanah yang umumnya masuk ke dalam bangunan melalui media kayu.

Hindari Kontak Perabotan Kayu Dengan Tanah

Terlebih jika material kayu yang digunakan bukanlah kayu yang diolah dengan baik, sehingga material kayu tersebut bisa dengan mudah mengumpulkan uap air. Tentu saja kondisi ini sangat disukai oleh kawanan rayap, karena telah tersedia bahan makanan yang cukup dan suhu udara yang mendukung untuk berkembang biak.

Cara membasmi rayap dengan menghindari kontak langsung antara tanah dan kayu ini memang sudah terbukti dukup efektif, karena kamu dapat menutup langsung jalan rayap yang menuju ke rumah.

4. Sediakan Ventilasi

Menurut informasi yang di dapat, sebenarnya rayap itu sangat senang berada di tempat yang lembap dan minim terkena sinar matahari. Apabila dirumahmu ada banyak perabotan yang berbahan kayu, maka salah satu cara alami paling tepat untuk membasminya, yakni dengan membangun ventilasi yang memadai.

Sediakan Ventilasi

Dengan demikian, maka sinar matahari bisa masuk ke setiap sudut rumah. Hasilnya, semua furniture dan perabotan kayu yang ada di dalam rumahmu akan aman dari serangan hama rayap. Seandainya ada beberapa perabotan kayu yang sudah termakan rayap, segera jemur perabotan tersebut pada ruang terbuka. Mengapa demikian?

Pasalnya, hal tersebut bertujuan agar perabotannya langsung terkena sinar matahari untuk mengusir semua rayap yang ada di dalamnya.

5. Jangan Ada Genangan Air di Area Halaman

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan peribahasa “dimana ada gula pasti disitu ada semut“. Lain halnya dengan kasus ini, yang mana ada genangan air maka disitu pasti ada rayap. Hal itu bukan tanpa alasan, karena genangan air ini merupakan media yang dapat mendukung rayap untuk berkembang biak.

Jangan Ada Genangan Air di Area Halaman

Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa area halaman rumah sudah terbebas dari genangan air. Ya entah itu di halaman maupun di selokan. Terlebih jika musim penghujan tiba, sehingga rumahmu harus ada tempat penampungan air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan.

Disamping itu, jangan lupa juga untuk membersihkan area selokan secara rutin. Sebab selain dapat membasmi keberadaan rayap, tingkat kebersihan pada selokan juga tentunya dapat membasmi nyamuk.

Artikel Menarik Lainnya: Ide Dekorasi Desain Interior Kantor Modern

6. Jemur Furniture Kayunya Secara Rutin

Selain pakaian, ternyata perabotan furniture kayu juga membutuhkan paparan sinar matahari lho. Ya, penjemuran ini bertujuan agar kondisinya tetap kering dan tidak lembap. Maka dari itu, kamu harus menjemur perabotan furniture kayu tersebut di bawah sinar matahari secara rutin.

Jemur Furniture Kayunya Secara Rutin

Selain itu, pastikan juga kamu harus menggunakan pernis secara berkala pada perabotan kayu agar tidak mudah kemasukan uap air. Untuk langkah pencegahannya, silahkan beri jarak antara perabotan kayu dengan dinding agar tidak memicu rayap yang masuk melalui celah dinding untuk bergerak menuju ke perabotan.

7. Usir Rayap Dengan Air Cucian Beras

Tak banyak orang yang tahu, bahwa air cucian beras dapat digunakan untuk membasmi rayap. Nah, setelah selesai menuci beras, mulai saat ini bekas air cucian tersebut jangan langsung kamu buang. Sebaiknya kamu gunakan air cucian berasnya untuk membasmi rayap.

Usir Rayap Dengan Air Cucian Beras

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyemprotkan air cucian beras tadi ke area-area yang menjadi sarang rayap. Dengan begitu, maka keberadaan rayap akan berangsur-angsur berkurang bahkan bisa hilang untuk selamanya lho.

Baca Juga : Apa yang Dimaksud Dengan Sirtu? Yuk, Kita Cari Tahu

Selain itu, cara alami paling ampuh berikutnya yang bisa kamu coba untuk membasmi rayap di rumah, yakni dengan menggunakan daun salam dan daun kemangi.

Cara kerjanya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal meletakan daun salam dan daun kemangi tersebut ke furniture kayu seperti meja, lemari, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, cara yang satu ini sama sekali tidak akan menimbulkan bau terhadap furniture kayunya.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa trik simple yang ampuh untuk mengusir rayap dirumah.

 

Posting Komentar untuk "Ini Dia Trik Simple yang Ampuh Untuk Membasmi Rayap"