Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Gunakan Lantai Kayu Solid? Cek Dulu Kelebihan & Kekurangannya

 

Kelebihan Kekurangan Lantai Kayu

Kelebihan Kekurangan Lantai Kayu – Belum bisa dikatakan sebagai sebuah hunian apabila tidak dilengkapi dengan alas lantai. Ya, sebab keberadaan alas lantai tersebut dapat meningkatkan rasa nyaman di dalam hunian, sekaligus juga membuat tampilan rumah terlihat lebih berestetika.

Namun, hal itu tergantung lagi pada jenis bahan lantai yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis bahan lantai memiliki karakteristiknya tersendiri. Begitu pun dengan lantai kayu yang memiliki ciri khas berbeda dengan jenis-jenis bahan lantai lainnya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk lantai kayu, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Lantai kayu

Lantai kayu atau alias parket merupakan kumpulan lembaran kayu, yang bisa berupa kayu solid atau kayu sintetis. Jenis lantai kayu tersebut menjadi salah satu unsur dekoratif yang diaplikasikan pada berbagai bangunan, seperti villa, hotel, restoran, cafe, hingga rumah pribadi.

Pengertian Lantai kayu

Meski terdengar sama, ternyata antara lantai kayu dan parket itu memiliki arti yang berbeda. Lantai parket adalah kepingan kayu yang memiliki profil di bagian sisinya agar saling mengunci satu sama lain ketika dipasangkan, kemudian akan diperkuat lagi dengan paku tembak.

Bukan hanya itu, produk parket juga akan dibedakan lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni parket solid dan parket engineered.

Sedangkan lantai kayu solid adalah satuan kayu utuh yang dipasang satu sama lain dengan bantuan skrup. 

Kelebihan Lantai kayu Solid

1. Memperindah Tampilan Rumah

lantai kayu solid dapat Memperindah Tampilan Rumah

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penggunaan lantai kayu solid dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Hal itu terlihat mulai dari tingkat keindahan warna dan pola seratnya yang begitu serasi, sehingga akan menghadirkan nuansa natural, elegan, mewah, dan nyaman.

Apalagi untuk jenis lantai kayu jati, yang mana ia memiliki kualitas mumpuni pada setiap komponennya, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat keawetan, hingga tingkat keindahan warna dan pola seratnya.

2. Cara Perawatan yang Mudah

Cara Perawatan lantai kayu yang Mudah

Sebenarnya cara perawatan lantai kayu itu memang cukup berbeda dengan bahan lantai pada umumnya, seperti keramik maupun marmer.

Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan kayu asli, tentu saja lantai kayu solid harus diberikan perawatan khusus agar awet dan tahan lama. Lantas, bagaimanakah cara yang benar dalam merawat lantai kayu?

Baca Selengkapnya : Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Lantai Kayu

3. Kuat dan Tahan Lama

lantai kayu solid Kuat dan Tahan Lama

Produk lantai kayu sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun jamur, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, produk lantai kayu juga tahan terhadap perubahan cuaca.

Apalagi jika diberi perawatan yang tepat dan benar, dimana daya tahan lantai kayu ini bisa mencapai hingga ratusan tahun lho.

4. Mempunyai Nilai Ekonomis yang Menjanjikan

lantai kayu Mempunyai Nilai Ekonomis yang Menjanjikan

Banyak yang beranggapan bahwa penggunaan lantai kayu hanya berlaku untuk kalangan menengah ke atas saja.

Padahal, kamu juga bisa mendapatkan produk lantai kayu dengan harga yang ramah dikantong. Tentu saja hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, penggunaan lantai kayu ini dapat meningkatkan harga jual pada sebuah properti.

5. Berdampak Bagus Bagi Kesehatan

Kelebihan berikutnya dari lantai kayu solid yang harus kalian ketahui, yakni bisa berdampak bagus untuk kesehatan tubuh.

lantai kayu Berdampak Bagus Bagi Kesehatan

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa lantai kayu memiliki sifat menyerap energy panas untuk kemudian dialirkan kedalam ruangan rumah.

Dengan begitu, maka suhu ruangan di dalam rumah pun akan tetap terasa hangat meski ditengah musim dingin. Tentu saja hal ini sangat bagus bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu, seperti halnya penyakit rematik.

Terlebih dengan aroma harum natural khas kayu, sehingga penggunaan lantai parket ini dapat mengadirkan nuansa yang lebih rileks dan bersahabat.

Kekurangan Lantai Kayu Solid

1. Rawan Terhadap Kerusakan

Sekuat apapun material kayu, namun tetap saja ia tidak bisa terhindar dari berbagai kerusakan. Apabila tidak diberi perawatan yang tepat, maka jangan harap lantai kayu bisa berumur panjang. Itu sebabnya, mengapa produk lantai kayu harus diberi perawatan dengan baik dan benar.

2. Rentan Terhadap Goresan

Permukaan lantai kayu bisa saja terjadi kerusakan akibat adanya goresan dari benda-benda yang ujungnya tajam, seperti meja, kursi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saat akan memindahkan barang-barang tersebut harus diangkat dan bukan dengan cara digeser atau diseret.

Bagi kamu yang suka memakai sepatu hak tinggi sebaiknya dilepas dulu saat akan menginjak lantai kayu. Ya, sebab bagian hak sepatunya yang runcing sehingga dapat membuat goresan pada permukaan lantai kayu.

3. Harga yang Relatif Mahal

Dikarenakan materialnya terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan asing, maka wajar saja jika harga lantai kayu solid cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lantai lainnya.

Meski dibanderol dengan harga yang mahal, namun hal itu sangat sebanding dengan kualitas yang dimilikinya lho.

Baca Juga : Daftar Harga Kayu Kaso dan Jenis Kayu Bangunan Lainnya 2022

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan lantai kayu solid. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan lantai kayu solid?

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Ingin Gunakan Lantai Kayu Solid? Cek Dulu Kelebihan & Kekurangannya"