Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan & Kerugian Menggunakan Lantai Granit

lantai granit

Lantai granit – Mungkin masih ada sebagian orang yang belum terlalu mengenal dengan material granit. Padahal, material yang satu ini selalu digunakan untuk berbagai kebutuhan terlebih di bidang konstruksi bangunan.

Dalam bidang konstruksi bangunan, material granit biasanya dipalikasikan sebagai pelapis dinding dan lantai.

Nah, sebelum ke pembahasan intinya, ada baiknya jika kamu memahami terlebih dulu mengenai seluk beluk material granit. Biar lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Granit

Material granit adalah batuan alam yang fungsinya kerap digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi seperti lantai, dinding, dan lain sebagainya.

Selain itu, bahkan granit juga sering digunakan untuk membuat berbagai perabotan rumah tangga, seperti guci, vas bunga, piring, gelas, dan sebagainya.

Pengertian Granit

Batu granit diproses melalui pembekuan magma yang berlangsung secara bertahap dan perlahan di dalam bumi.Adapun mengenai tampilan fisiknya yang tampil dengan warna abu-abu, putih, hingga gabungan dari keduanya.

Akan tetapi, ada pula batu granit yang tampil dengan warna jingga atau merah muda. Menurut informasi yang didapat, Perbedaan warna batu granit tergantung pada proses kimiawi yang terjadi serta kandungan mineral yang ada didalamnya.

Disamping tampilannya yang indah, batu granit juga mempunyai kilauan yang alami. Pada proses pembuatannya, batu granit yang berukuran besar akan dipecah atau dipotong-potong hingga menghasilkan ukuran yang sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Bahan-bahan Wallpaper Dinding

Daftar Harga Lantai Granit Berdasarkan Merk

Granit Garuda

Granit Garuda

  • Garuda Tile Broken White (Ukuran 60×60) : Rp 115.000
  • Garuda Motif Kayu (ukuran 60×60) : Rp 213.000
  • Garuda GS62001 Madrid (ukuran 60×60) : Rp 118.500
  • Garuda R6515S Huelva (ukuran 60×60) : Rp 193.000

Granit Indogress

Granit Indogress

  • Indogress Granit Foresta Satin (ukuran 60×60) : Rp 478.000
  • Indogress Granit Uni Color Polished (ukuran 60×60) : Rp 410.000
  • Indogress Granit Salt & Pepper Polished (ukuran 60×60) : Rp 406.000
  • Indogress Granit Cristallo Polished (ukuran 60×60) : Rp 517.000
  • Indogress Granit Marmo Polished (ukuran 60×60) : Rp 526.000

Untung & Rugi Menggunakan Lantai Granit

Keuntungan & Kerugian Menggunakan Lantai Granit

Adapun mengenai berbagai keuntungan dan kerugian yang akan kamu dapatkan dari penggunaan lantai granit seperti berikut.

Keuntungan:

1. Bisa Digunakan Dalam Jangka Waktu yang Lama

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tingkat ketahanan pada lantai granit ini berada diatas rata-rata. Sehingga tak heran jika lantai granit dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Selain daya tahannya yang baik, ternyata lantai granit juga tidak mudah lecet meski tergores oleh berbagai benda tajam. Mengingat akan hal itu, maka sudah sepantasnya material yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan pelapis lantai.

2. Bisa Dipasang di Area yang Lembab

Pada dasrnya, lantai granit juga bisa diaplikasikan di area yang lembab, seperti dapur, teras kamar mandi, hingga garasi.

Dengan menggunakan lantai granit, kamu pun tidak perlu khawatir akan kelembapan yang merusak bagian subfloor. Hal itu bukan tanpa sebab, karena lantai granit mampu menciptakan permukaan yang praktis serta tidak mudah ditembus oleh cairan.

3. Tidak Menimbulkan Alergi

Bagi yang memiliki riwayat alergi tertentu, maka penggunaan lantai granit ini merupakan pilihan paling tepat. Mengapa demikian?

Pasalnya, lantai granit diyakini memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala alergi didalam rumah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka kondisi kebersihan lantainya harus terjaga dengan baik.

Cara membersihkan lantai granit pun terbilang cukup mudah, dimana kamu hanya perlu menyapunya setiap hari agar terbebas dari berbagai kotoran. Disamping itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengepel lantai granit minimalnya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kerugian:

1. Menjadi Licin Saat Terkena Air

Meski bisa dipasang di area yang basah dan lembab, namun bukan berarti bahwa lantai granit ini bisa diaplikasikan didalam kamar mandi. Ya, lantai granit akan terasa sangat licin saat terkena air, sehingga dapat meningkatkan risiko terpeleset.

Tak cuma itu, lantai granit juga akan berubah menjadi sangat dingin Ketika memasuki musim penghujan. Oleh karenanya, lantai granit tidak direkomendasikan bagi mereka yang tinggal didaerah dengan tingkat curah hujan tinggi.

2. Ongkos Jasa Pasang yang Tinggi

Dikarenakan granit memiliki bobot yang lebih berat dibanding material lainnya sehingga membutuhkan tenaga ekstra saat proses pemasangan.

Alhasil, hal tersebut akan membuat proses pemasangan lantai granit bisa memakan waktu lama dan biaya operasional yang cukup mahal. Maka dari itu, kamu jangan pernah coba-coba untuk memasang lantai granit seorang diri.

3. Harganya yang Relatif Mahal

Lamanya proses mulai dari pengambilan bahan baku hingga pembentukan materialnya, maka wajar saja jika granit dibanderol dengan harga yang mahal. Itu sebabnya, mengapa penggunaan lantai granit hanya berlaku untuk hunian kalangan menengah ke atas saja.

Itu dia berbagai keuntungan dan kerugian yang akan kamu dapatkan dari penggunaan lantai granit. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk menggunakan lantai granit? 



Posting Komentar untuk "Keuntungan & Kerugian Menggunakan Lantai Granit"