Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Tahu Cara Mudah Membuat Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis?

cara menata dekorasi ruang tv modern minimalis

Dekorasi ruang tv modern minimalis – Menonton tv menjadi salah satu sarana hiburan yang paling murah dan juga mudah didapatkan. Melalui kegiatan yang satu ini, tentu saja suasana di rumah tidak akan terlalu membosankan.

Apalagi jika menontonnya bersama keluarga tercinta, sehingga akan tercipta suasana yang lebih seru. Tak hanya sekedar menonton tv, berkumpul bersama keluarga juga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga lho.

Saat hendak mendekorasi ruang tv, ada baiknya kamu jangan melakukannya seorang diri. Dengan kata lain, kamu harus meminta persetujuan dan pendapat dari anggota keluarga lainnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ruang tv ini bersifat public dan bukan untuk pribadi.

Lantas, bagaimanakah cara membuat dekorasi ruang tv modern minimalis..??

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara membuat dekorasi ruang tv modern, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis

1. Bermain Dengan Variasi Elemen Interior

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis - bermain dengan variasi elemen interior

Tips simple pertama yang bisa kamu coba dalam mendekorasi ruang tv minimalis, yakni bermain dengan variasi elemen interior.

Untuk hal ini kamu dapat memulainya dengan menggunakan wallpaper atau wall covering yang berbeda, memasang lampu gantung berbentuk unik, menggelar karpet bernuansa mewah, hingga dekorasi dinding yang modis.

Dengan begitu maka ruang tv minimalis di rumahmu itu akan tampak lebih mewah, elegan, dan tentunya nyaman.

Baca Juga : Begini Trik Mudah Untuk Menata Dekorasi Interior Rumah Ala Korea

2. Prioritaskan Pada Kompisisi yang Berkualitas

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis - prioritaskan pada kompisisi yang berkualitas

Sebenarnya masih banyak diantara kita yang beranggapan bahwa rumah tipe minimalis itu hanya cukup dengan mengutamakan ruang tamu untuk ruang duduk formal, ataupun untuk ruang keluarga.

Padahal, ruang tv minimalis juga masih bisa dibuat dengan nyaman dan bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga.

Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi kamu untuk fokus terhadap komposisi ruang yang tersedia, dan bukan fokus terhadap ukuran. Apabila ada sisa ruang di rumah yang tidak terlalu besar untuk ditempati, sebaiknya kamu gunakan ruang tersebut sebagai ruang tv minimalis.

Akan tetapi, hal tersebut kembali lagi pada cara penataan tempat duduk dan pemasangan tv yang harus strategis

3. Perhatikan Tingkat Pencahayaan dan Audionya

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis - perhatikan tingkat cahaya dan audio

Perlu kamu ketahui, ruang tv yang berukuran kecil itu bisa terasa sangat nyaman apabila memiliki pencahayaan yang tepat. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk meletakkan dekorasi lampu hias agar tidak meghalangi jarak pandang ke tv.

Disamping itu, perhatikan juga pembiasan cahayanya sudah sesuai kebutuhan di dalam rumah. Pada intinya, cahaya lampu yang ideal digunakan di ruang tv itu tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup.

Dengan begitu, maka kondisi lampu di ruangan dapat disesuaikan dengan cahaya pada jendela dan sinar dari perangkat tv itu sendiri. Adapun mengenai pemasangan audio di ruang tv minimalis yang harus disesuaikan dengan budget.

Masih belum habis, jangan lupakan juga sistem audio yang sesuai dengan ukuran ruangannya. Untuk hal ini kamu dapat melakukan beragam pemasangan audio, mulai dari sisi ruangan, saling berpinggiran degan tv, atau di gantung pada sudut ruang tv minimalis.

Untuk memaksimalkan hasil dekorasinya, sebaiknya kamu konsultasikan dulu pada orang yang memang ahli di bidang tersebut.

4. Pemilihan Alas Duduk yang Tepat dan Nyaman

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis - pemilihan alas duduk yang tepat dan nyaman

Pada dasarnya sebuah alasa duduk itu tidak harus berupa kursi dan sofa. Dengan kata lain, kamu juga bisa menggunakan bean bag yang empuk, bantal berukuran besar, hingga karpet untuk dijadikan sebagai tempat duduk di ruang tv minimalis.

Untuk meningkatkan kenyamanan, ada baiknya kamu memilih sofa bed agar bisa dilipat saat selesai digunakan. Sehingga, sofa bed tersebut bisa lebih menghemat kapasitas ruang tv minimalis rumahmu.

Apabila ingin mengunakan sofa biasa, maka pilihlah sofa duduk dengan posisi rendah dan lapang agar mudah dihiasi berbagai aksesoris seperti bantal, selimut, dan lain sebagainya.

Dengan adanya tempat duduk yang sesuai, tentu saja kamu dan keluargamu bisa menikmati kenyamanan yang sempurna di ruang tv mungil tersebut. Atau, bila perlu kamu mengganti material lantainya dengan menggunakan lantai kayu parket.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu memiliki tekstur yang cukup empuk dan terasa hangat sehingga dapat menghadirkan kenyamanan maksimal.

Artikel Menarik Lainnya : Berbagai Ide Desain Kolam Ikan Outdoor Minimalis

5. Usahakan Untuk Tidak Menggunakan Rak TV

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis - usahakan untuk tidak menggunakan rak tv

Mengingat tipe rumahmu itu adalah ruang tv minimalis, tentu saja ketersediaan kapasitas ruangnya cukup terbatas. Maka dari itu, kamu harus berani untuk tidak menggunakan rak tv. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan rak tv tersebut justru akan memakan banyak kapasitas ruang sehingga tampak terkesan sempit dan sumpek!

Sebagai solusinya, kamu bisa mengunakan instalasi tv dengan konsep gantung pada dinding agar lebih praktis dan simple. Selain menghemat kapasitas ruangan tv, konsep instalasi tersebut juga tentunya akan menghemat biaya pengeluaran bukan?

Bahkan ruangan pun akan tetap terkesan fungsional tanpa banyak dekorasi, sehingga sangat ideal dengan konsep ruang minimalis.

6. Menciptakan Ruang TV yang Bersifat Multifungsi

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis - meniptakan sifat yang multifungsi

Sebagaimana yang sudah disinggung pada ulasan diatas tadi, bahwa fungsi utama dari ruang tv ini sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga untuk bersantai. Walau demikian, tidak ada salahnya juga bagi kamu untuk meramaikan fungsi ruang tv tersebut dengan fungsi-fungsi yang lainnya.

Untuk hal ini, kamu dapat memulainya dengan menambahkan sebuah rak buku agar ruang tv minimalis berfungsi juga sebagai perpustakaan kecil. Disamping itu, kamu bisa menambahkan meja kerja berukuran kecil sehingga ruang tv minimalis tampak lebih multifungsi.

7. Pertimbangkan Fungsi Meja

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis - pertimbangkan fungsi meja

Sebenarnya  fokus utama dari ruang tv minimalis ini adalah tv yang berkualitas bagus dan ruang duduk. Jika ruang tv tersebut memang cukup kecil, sebaiknya kamu tidak perlu lagi menambahkan meja.

Sebab mejanya bisa kamu ganti dengan menggunakan meja samping berukuran kecil, rak vertikal, hingga kursi sofa yang berbahan keras sebagai tempat untuk menaruh berbagai barang-barang untuk menunjang kebutuhan di ruang tv minimalis.

Dengan kata lain, sebuah meja itu tidak harus selalu ada di ruang tv minimalis, asalkan kamu bisa menatanya dengan baik dan benar.

8. Menggunakan TV yang Berkualitas Adalah Hal Wajib

8 Tips Dalam Menata Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis - menggunakan tv yang berkualitas

Elemen yang terakhir ini berlaku untuk semua tipe ruangan, termasuk juga ruang tv minimalis. Tentunya kamu harus mengutamakan untuk berinvestasi pada sebuah unit televisi yang memiliki kualitas bagus. Pasalnya, kualitas sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan visual.

Selain berpengaruh tehadap tingkat kenyamanan visual, tv yang berkualitas bagus juga tentunya akan memperindah tampilan ruangan.

Nah, seperti itulah beberapa tips simple yang bisa kamu lakukan dalam membuat dekorasi ruang tv modern minimalis.

 

Posting Komentar untuk " Ingin Tahu Cara Mudah Membuat Dekorasi Ruang TV Modern Minimalis?"