Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Ide Desain Kolam Ikan Outdoor Minimalis yang Memanjakan Mata

 

ide desain kolam ikan outdoor

Desain Kolam Ikan outdoor – Selain merawat tanaman hias, merawat ikan hias juga menjadi salah satu kegiatan yang cukup ampuh untuk mengusir rasa jenuh selama berada di rumah. Dengan memelihara ikan di rumah, tentu saja akan membuat diri kita semakin aktif sehingga tidak bermalas-malasan.

Untuk meningkatkan kenyamanan dalam memelihara ikan, tentu saja desain kolam ikannya harus dibuat dengan seindah mungkin. Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa ide desain kolam ikan minimalis yang memanjakan mata.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Desain Kolam Ikan Terpopuler

1. Desain Kolam Ikan Dengan Aksen Air Terjun Mini

5 Desain Kolam Ikan Terpopuler - aksen air terjun mini

Untuk mempertegas nuansa alami dan natural, maka desain kolam ikan dengan aksen air terjun mini merupakan pilihan yang paling tepat. Bagaimana tidak? sebab dari sebuah bak kecil di atas, maka pancuran air yang mengarah ke bawah akan semakin memperindah tampilan kolam ikan minimalis di bagian bawahnya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai jenis tanaman atau rerumputan pada pinggiran kolamnya yang menggunakan material bebatuan.

Baca juga : Ini Dia Beberapa Ide Desain Kamar Mandi Minimalis

2. Desain Kolam Ikan Raised

5 Desain Kolam Ikan Terpopuler - desain kolam ikan raised

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kolam ikan dengan desain raised sedang menjadi tren di kalangan para pecinta ikan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena desain kolam ikan raised benar-benar menghadirkan nilai estetika yang begitu tinggi lho.

Mengenai konsepnya, desain tersebut menghadirkan sebuah akuarium kaca yang mengapung diantara kolam ikan minimalis. Biasanya desain kolam ikan yang satu ini menggunakan pompa air, untuk mendapatkan aliran air yang pas.

3. Desain Kolam Ikan Dengan Aksen Batu Alam

5 Desain Kolam Ikan Terpopuler - desain kolam ikan dengan aksen batu alam

Indah, elegan, dan natural, itulah kesan-kesan yang akan kamu dapatkan pada desain kolam ikan dengan aksen batu alam. Pada umumnya, desain kolam ikan tersebut selalu diaplikasikan di bagian pojok.

Akan tetapi, untuk membuat desain kolam ikan batu alam ini harus disesuaikan dengan isi dompetmu. Apabila budgetmu memang terbatas, lebih baik fokuskan pada dekorasi tanamannya saja. Dengan kata lain, tanaman tersebut harus diperbanyak untuk melengkapi tampilan kolam ikan minimalis.

4. Desain Kolam Ikan Dengan Aksen Kayu

5 Desain Kolam Ikan Terpopuler - desain kolam ikan dengan aksen kayu

Ini dia salah satu desain kolam ikan yang paling populer di tahun 2021. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kehadiran aksen kayu begitu terlihat serasi dengan tampilan kolam ikan minimalis.

Untuk menghadirkan desain yang satu ini, maka kamu bisa menggunakan deck wood atau decking kayu pada pinggiran kolamnya. Dengan menggunakan decking kayu, secara otomatis tampilan kolam ikan minimalismu akan tampak lebih natural, indah, elegan, dan mewah.

Adapun mengenai berbagai jenis decking kayu terbaik yang direkomendasikan seperti decking ulin, decking merbau, decking bengkirai, decking keruing, dan lain sebagainya.

5. Desain Kolam Ikan Dengan Aksen Bebatuan Melingkar

5 Desain Kolam Ikan Terpopuler - desain kolam ikan dengan aksen bebatuan melingkar

Desain kolam ikan minimalis yang berikutnya ini memang sangat cocok di area halaman rumah. Kendati demikian, kamu juga jangan sampai lupa untuk dekorasi taman belakang rumah yang mengelilingi kolam ikan minimalis tersebut dengan aksen alami seperti bebatuan, tanaman kecil, rerumputan, dan sebagainya.

Tips Merawat Kolam Ikan Outdoor

tips merawat kolam ikan outdoor

Sebagus apapun desain kolam ikan yang kamu buat, maka hasilnya akan percuma jika tidak dirawat dengan baik. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi para pecinta ikan hias untuk senantiasa merawat dan membersihkan kolam ikannya.

Adapun mengenai beberapa tips dalam merawat kolam ikan outdoor seperti berikut :

1. Jangan Terlalu Banyak Memberi Makanan Pada Ikan

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Begitu juga dalam memberi makan ikan yang tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Mengapa demikian..??

Pasalnya, pemberian makanan ikan dalam jumlah yang banyak justru akan membuat kolamnya mejadi kotor dan keruh lho! Maka dari itu, kamu harus memberi makan ikan secukupnya agar tidak ada sisa-sisa makanan yang mengotori genangan air kolam.

2. Perhatikan Sirkulasi Udara

Penting bagi kamu untuk memperhatikan sirkulasi udara pada kolam ikan outdoor. Hal itu bukan tanpa alasan, karena sirkulasi udara yang baik bisa membantu ikan bergerak serta berenang lebih aktif dan leluasa.

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menghadirkan air mancur atau air yang mengalir untuk menunjang keberlangsungan hidup ikan-ikan.

3. Membersihkan Kolam Ikan Secara Rutin

Jika kamu memiliki berbagai tanaman di area pinggiran kolam ikan, tentu saja daun-daunnya kerap rontok dan berjatuhan kedalam kolam. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi kamu untuk senantiasa membersihkan kolam dari daun-daun tersebut.

Apabila daun-daunnya tidak segera dibersihkan, maka bisa terjadi pembusukkan sehingga dapat membuat air menjadi keruh dan berbau. Alhasil, kondisi tersebut juga tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan ikan-ikan yang ada di dalam kolam.

4. Memindahkan Ikan Ketika Hendak Menguras Kolam

Poin penting berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni memindahkan ikan ketika hendak menguras kolam. Menurut informasi yang didapat, sebaiknya kegiatan menguras kolam ini dilakukan dalam seminggu sekali.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ide desain kolam ikan beserta tips merawatnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

 

Posting Komentar untuk "Berbagai Ide Desain Kolam Ikan Outdoor Minimalis yang Memanjakan Mata"