Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Gorden Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Rumah

 

Cara Memilih Gorden Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Rumah

Cara memilih gorden – Selain furniture, tentunya masih banyak lagi elemen lainnya yang dapat kita gunakan untuk memperindah tampilan interior rumah. Ya, salah satunya adalah gorden. Tak hanya berfungsi sebagai pemanis interior rumah, keberadaan gorden juga berfungsi sebagai penghalang sinar matahari yang masuk melalui jendela.

Bahkan, keberadan gorden pun dapat membuat kegiatan privasi didalam rumah menjadi lebih aman karena tidak terlihat oleh orang lain. Ada banyak sekali jenis gorden yang tersedia dipasaran, dimana pada masing-masing jenisnya mempunyai ciri khas tersendiri.

Maka dari itu, kita harus lebih cermat lagi dalam memilih jenis gorden agar sesuai dengan kebutuhan. Nah, berikut di bawah ini ada beberapa tips mengenai cara memilih gorden yang sesuai dengan kebutuhan rumah.

Tips Memilih Gorden

1. Amati Bahannya

Tips Memilih Gorden - perhatikan bahannya

Dalam mempertimbangkan pemilihan bahan gorden, kamu pun bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan ruangan. Jika ruang tamu di rumahmu terdapat jendela yang bisa dimasuki sinar matahari, maka pilihlah gorden yang materialnya terbuat dari bahan blackout. Mengapa demikian…???

Pasalnya, gorden yang berbahan blackout ini memiliki kemampuan yang dapat meredam panas sehingga suhu didalam ruang tamu tidak akan terlalu panas. Namun, jika jendela di ruang tamunya sudah menggunakan bahan riben, maka kamu bisa menggunakan gorden yang bahannya lebih tipis.

Baca Juga : Rekomendasi Cat Kayu Terbaik 2022

2. Perhatikan Coraknya

Tips Memilih Gorden - perhatikan coraknya

Selain bahan, penting juga bagi kamu untuk memperhatikan corak atau motif pada gorden tersebut. Sebagai contohnya, kamu bisa menyesuaikan corak gorden dengan corak pada sarung bantal sofa di ruang tamu.

Tak hanya dapat menciptakan kesan yang lebih tapi, penyesuaian corak gorden dengan corak bantal sofa ini juga bisa menonjolkan sisi kreatif untuk si penghuni rumah. Kendati demikian, hindari pemilihan corak gorden yang terlalu ramai agar tidak terkesan berlebihan.

3. Perhatikan Warnanya

Tips Memilih Gorden - perhatikan warnanya

Hal berikutnya yang harus kamu ketahui dalam memilih jenis gorden untuk kebutuhan rumah, yakni memperhatikan warnanya. Dalam hal ini, kamu bisa memilih warna gorden yang sesuai dengan konsep ruang tamu minimalis.

Contohnya seperti gorden berwarna cokelat atau emas yang dapat menghadirkan nuansa klasik dan elegan. Bukan hanya itu, kedua jenis warna goden tersebut juga dapat memberikan ilusi sehingga ruang tamunya tampak lebih luas lho.

Apabila dinding ruangan tamu di rumahmu tampil dengan warna putih, maka kamu bisa menyesuaikan warna gorden dengan warna furniture yang ada.

4. Ketahui Karakteristik Jenis Gorden

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa pada masing-masing jenis gorden itu memiliki ciri khas tersendiri. Adapun mengenai beragam jenis gorden yang umumnya tersedia dipasaran seperti di bawah ini:

Gorden Tab Top

Gorden Tab Top

Jenis gorden pertama yang cocok diaplikasikan pada jendela rumah, yakni berupa gorden Tab Top. Biasanya bagian ujung pada gorden yang satu ini sudah dilengkapi dengan kain untuk mengaitkannya ke batang besi jendela.

Material kain yang berfungsi sebagai pengkait tersebut juga terbuat dari bahan yang sama dengan gordennya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kain apa saja sebagai bahan membuatnya. Gorden Tab Top tampil dengan menggantung datar dan membentuk lipatan-lipatan, sehingga membuatnya ideal digunakan untuk ruangan dengan nuansa santai.  

Gorden Rod Pocket

Gorden Rod Pocket

Gorden Rod Pocket ini bisa dibilang sebagai salah satu tipe gorden yang paling sederhana. Hal itu bukan tanpa alasan, karena materialnya yang terbuat dari bahan kain ringan. Mengenai fungsinya, gorden Rod Pocket ini hanya sebagai pembatas antar ruangan dengan elemen dekoratif di rumah.

Pada bagian atas gordennya terdapat ring dan lorong hasil keleman yang berfungsi untuk menggantungkan ke batang jendela ramping. Dengan kata lain, gorden Rod Pocket ini lebih cocok diaplikasikan pada ruangan yang jarang digunakan.

Gorden Sheer

Gorden Sheer

Walaupun terkesan buram, namun cahaya matahari dari luar masih bisa masuk melalui gorden Sheer. Ya jelas demikian, sebab jenis gorden yang satu ini hanya berperan sebagai pelapis saja karena bahannya yang lebih tipis dibandingkan tipe gorden lain.

Biasanya jenis gorden Sheer tampil dengan warna putih polos, atau menggunakan motif tertentu yang berbahan voile. Gorden Sheer sangat cocok diaplikasikan pada semua ruangan, serta dapat memberi batasan pandangan dari luar ke dalam.

Gorden Eyelet

Gorden Eyelet

Pada umumnya gorden Eyelet sudah dilengkapi dengan ring-ring besi di bagian atasnya yang berperan sebagai tempat gantungan ke batang jendela. Dengan adanya ring-ring tersebut, tentu saja akan memudahkan kita saat menggeser gorden.

Adapun mengenai material gordennya yang terbuat dari bahan kain ringan, serta mengusung desain yang simple namun masih terkesan modis. Itu sebabnya, mengapa gorden Eyelet kerap diaplikasikan pada rumah tipe minimalis.

Gorden Pleated

Gorden Pleated

Biasanya jenis gorden Pleat terdiri dari box pleated, tailored pleat, goblet pleat, dan pinch pleated. Adapun mengenai perbedaan dari keempatnya yang ada di bagian bentuk bagian atas gorden jendela.

Box pleated mempunyai lipatan yang berbentuk kota, sedangkan tailored pleat pada bagian ujung atasnya terdapat jahitan di setiap tiga lipatan sehingga tampak mengerucut. Selanjutnya goblet pleat yang mengikat tiga lipatan dan dibentuk sedemikian rupa, sehingga ia tampak menyerupai bentuk piala.

Terakhir adalah pinch pleated yang terdiri dari 3 hingga 5 lipatan dengan bentuk seimbang. Namun, semakin banyak lipatannya maka akan semakin banyak pula kain yang dibutuhkan untuk membuat gorden.

Gorden Draperies

Gorden Draperies

Ngomong-ngomong soal jenis gorden yang paling dekoratif, maka gorden Draperies ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia tampil dengan mengusung motif dan warna indah sehingga dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah ruangan.

Seiring berjalannya waktu, kini gorden Draperies menghadirkan desain yang lebih simple dengan permukaan bergelombang serta menggantung sama panjang. Akan tetapi, bahan kainnya cukup berat karena mengandung arklirik di bagian lipatannya. Lantas, apa fungsi dari arklirik tersebut..??

Keberadaan arlikrik dalam gorden Draperies berfungsi untuk membuat ruangan menjadi lebih hangat, meredam suara berisik, hingga menghalangi cahaya yang masuk ke jendela.

Artikel Menarik Lainnya : Yuk, Kita Ketahui Jenis-jenis Pipa Paralon

Gorden Binds

Gorden Binds

Material gorden Blinds pada umumnya terbuat dari bahan kain kanvas, belacu, plastik, dan lain sebagainya. Gorden Blinds di Indonesia lebih populer dengan nama tirai, karena karakteristiknya yang dapat menutup jendela dari atas ke bawah.

Adapun mengenai beragam macam tipe tirai yang dapat kamu jumpai dipasaran. Tipe pertama berupa tirai dengan roller blinds yang bisa digulung menggunakan tali di bagian pinggir jendela. Lalu ada tirai tipe roman blinds yang saat ditarik bisa membentuk lipatan-lipatan indah.

Bukan hanya itu, terdapat juga pola vertikal dan horizontal Blinds yang bisa dibuka dengan cara mendatarkan bilahnya secara vertical maupun horizontal. Umumnya jenis gorden Blinds sering diaplikasikan pada perkantoran dan rumah minimalis.

Nah, itulah beberapa jenis gorden yang dapat kamu pilih dipasaran.

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Gorden Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Rumah"