Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Cat Kayu Terbaik 2022

 

Rekomendasi Cat Kayu Terbaik 2022

Cat kayu terbaik – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa furniture berbahan kayu merupakan yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena furniture yang berbahan kayu memiliki tampilan yang terkesan elegan dan natural.

Tak hanya itu, furniture kayu juga memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat mumpuni. Kendati demikian furniture kayu tidak bisa lepas dari berbagai permasalahan, seperti mengalami pelapukan, keropos, kusam, hingga warnanya yang memudar.

Untuk menjaga kualitas furniture kayu tersebut, tentu saja kita harus memberi lapisan cat. Selain dapat menjaga kualitasnya, pemberian cat juga pastinya akan mempermanis tampilan furniturenya. Proses pengecatan pada furniture kayu juga sering disebut dengan istilah finishing.

Pengertian Finishing Kayu

Pengertian Finishing Kayu

Pada umumnya proses finishing ini merupakan pekerjaan tahap terakhir dari proses pembuatan produk mebel (furniture), yang akan menentukan tampilan akhir pada produk furniture tersebut. Ya, saat ini proses finishing kayu lebih dikenal dengan proses aplikasi cat, yang mana cara pengerjaannya dengan pelapisan cat ke permukaan kayu.

Tak hanya berlaku untuk bidang furniture saja, proses finishing juga bisa dilakukan pada handycraft, wooden toys, hingga bangunan-bangunan yang materialnya berbahan kayu. Seperti halnya kusen, pintu, jendela, pagar, dan lain sebagainya. Adapun mengenai tahap yang dilakukan saat proses finishing kayu seperti berikut :

  • Proses peng-amplasan
  • Proses pengecatan
  • Proses pemolesan
  • Proses penggosokan dan lain sebagainya.

Tujuan Finishing Kayu

  • Untuk memperindah tampilan furniture (Enhancement of appearance)
  • Untuk melestarikan tampilan furniture (Preservation of the appearance)
  • Untuk melindungi kayu, memperpanjang masa pakai dan penampilannya (Protection and appearance)
  • Dapat memudahkan perawatan (Provide and easy to clean surface)

Nah, secara kebetulan pada ulasan kali ini akan merekomendasikan beberapa merk cat kayu terbaik 2022. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

7 Merk Cat Kayu Terbaik

1. Biovarnish Clear Coat Top Matt

Biovarnish Clear Coat Top Matt

Merk cat kayu terbaik pertama yang direkomendasikan untu kamu, yakni Biovarnish Clear Coat Top Matt. Cat ini memiliki fungsi untuk melindungi media dan lapisan film di bawahnya, serta dapat meningkatkan keindahan tampilan hasil akhir glossy atau doff pada kayu.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Biovarnish Clear Coat Top Matt ini juga sudah terbukti aman digunakan karena tingkat kandungan bahan VOC (Volatile Organic Compound) didalamnya yang rendah dan tidak beracun. Dengan kata lain, kita bisa mengecat kayunya melalui metode semprotan dengan aman.

Baca Juga : Informasi Harga Genteng di Bandung

2. Jotun Gardex Premium Gloss

Jotun Gardex Premium Gloss

Salah satu keunggulan dari Jotun Gardex Premium Gloss yang tidak dimiliki oleh merk cat kayu lainnya, yaitu mempunyai formula quick dry yang bisa mempercepat proses pengeringan serta tidak mengeluarkan bau menyengat. Tentu saja produk cat yang satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada furniture interior.

Menariknya lagi, Jotun Gardex Premium Gloss diformulasikan khusus dengan pigmen aktif untuk menghasilkan daya rekat yang kuat dan tahan lama. Hasilnya, penggunaan Jotun Gardex Premium Gloss ini akan membuat tampilan furniture interiormu menjadi indah dan sedap dipandang.

3. Glotex Super Synthetic Paint

Glotex Super Synthetic Paint

Menurut informasi yang didapat, Glotex Super Synthetic Paint diproduksi oleh perusahaan lokal bernama Pacific Paint dengan kualitas bertaraf internasional. Material cat ini terbuat dari bahan alkyd sintetic, yang membuatnya ideal untuk diaplikasikan pada interior ataupun eksterior berbahan kayu dan besi.

Tak hanya itu saja, ternyata Glotex Super Synthetic Paint ini sudah terbukti tahan air lho. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika ia bisa digunakan untuk produk furniture outdoor. Belum lagi dengan tampilannya yang mengkilap, sehingga furniture yang diberi cat Glotex Super Synthetic Paint ini akan lebih indah dari sebelumnya.

4. Avian High Gloss Enamel

Avian High Gloss Enamel

Merk cat kayu terbaik berikutnya bernama Avian High Gloss Enamel, dimana ia bisa kita gunakan untuk material kayu dan besi dengan hasil akhir super mengkilap. Selain untuk furniture interior, bahkan merk cat yang satu ini juga sangat cocok digunakan untuk furniture eksterior.

Avian High Gloss Enamel terbuat dari bahan alkyd yang memiliki daya tutup maksimal, sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Adapun mengenai berbagai varian warna yang bisa kamu pilih untuk mengecat berbagai produk furniture dan property seperti :

  • Lantai kayu indoor
  • Lantai kayu outdoor (decking)
  • Kusen
  • Jendela dan pintu
  • Pagar dan lain sebagainya.

5. Dulux V Gloss

Dulux V Gloss

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan merk cat Dulux? Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan merk cat yang satu ini. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Dulux merupakan salah satu merk cat terbaik dan paling terkenal di Indonesia.

Dulux V Gloss merupakan salah satu produk terbaru yang dapat kita gunakan untuk mengecat material kayu dan besi dengan menghasilkan sentuhan akhir glossy. Ya, hal itu dikarenakan Dulux V Gloss mengusung teknologi V-active formula dengan daya sebar yang lebih besar dari merk lainnya.

Dengan demikian, proses pengecatan kayu dengan menggunakan Dulux V Gloss ini akan menjadi lebih cepat karena bisa menutup bagian kayu secara maksimal.

6. Propan Impra Aqua Wood Filler

Propan Impra Aqua Wood Filler

Propan Impra Aqua Wood Filler merupakan produk finishing berupa dempul yang berfungsi untuk mengisi pori-pori dan lobang pada material kayu. Nah, lobang-lobang tersebutlah yang nantinya akan menjadi sasaran empuk bagi rayap, sehingga kayu akan menjadi keropos.

Propan Impra Aqua Wood Filler memang dibuat khusus untuk diaplikasikan pada berbagai system finishing, seperti water based system, melamine system, NC system, PU system, hingga system finishing transparan lainnya.

7. Mowilex Woodstain

Mowilex Woodstain

Merk cat kayu terbaik selanjutnya yang akan dibahas, yakni Mowilex Woodstain. Produk cat ini dapat memberikan hasil akhir yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan cat Mowilex Woodstain, dijamin furniture berbahan kayu akan lebih kuat terhadap paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, bahkan furniture kayu yang sudah dilapisi cat ini pun akan tahan terhadap pelapukan dan serangan hama rayap. Mengapa demikian? Ya, hal itu dikarenakan Mowilex Woodstain terbuat dari bahan dasar air sehingga bisa digunakan tanpa tambahan media pelarut lainnya.

Artikel Menarik Lainnya : Mengulas Harga Karpet di Bandung

Berbagai Faktor yang Dapat Mempengaruhi Tingkat Keawetan Finishing Kayu

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa fungsi utama dari proses pengecatan pada material kayu itu untuk meningkatkan perlindungan substract kayu sekaligus juga meningkatkan keindahannya. Nah, agar fungsinya bisa lebih makimal, maka kita harus memastikan tingkat keawetan hasil finishing yang telah dilakukan.

Menurut informasi yang didapat, setidaknya ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan dalam menentukan proses finishing yang hendak dilakukan. Adapun mengenai fakttor-faktor yang harus kita perhatikan saat proses finishing seperti berikut :

  • Sistem finishing yang akna dilakukan
  • Pemahaman tentang substrat kayu
  • Pengetahuan tentang bahan finishing
  • Cara aplikasi bahan finishing
  • Kondisi operasional proses finishing
  • Penempatan hasil finishing

Demikianlah ulasan singkat mengenai rekomendasi merk cat kayu terbaik, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Cat Kayu Terbaik 2022"