Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Jenis Lantai Terbaik Untuk Lapangan Futsal

 

jenis lapangan futsal

Jenis lantai lapangan futsal – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa futsal merupakan salah satu jenis olahraga yang paling populer di dunia. Dilihat dari segi permainan dan peraturannya, memang tidak ada yang berbeda antara olahraga futsal dengan olahraga sepak bola.

Namun, yang membedakan antara futsal dan sepak bola ini terdapat jumlah pemainnya saja. Ya, jika olahraga sepak bola harus dimainkan oleh 11 orang, maka olahraga futsal bisa dimainkan 5 sampai 6 orang.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena ukuran lapangan futsal jauh lebih kecil dari lapangan sepak bola. Tak hanya itu, bahkan olahraga futsal juga bisa dilakukan di ruangan indoor. Begitu pun sepatu yang digunakan pada olahraga futsal berbeda dengan sepatu sepak bola.

Itu sebabnya, mengapa lapangan futsal terdiri dari beragam jenis. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan jenis lantai terbaik untuk lapangan futsal. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan di bawah ini.

Jenis Lantai Terbaik Lapangan Futsal

1. Lantai Parket

Jenis Lantai Terbaik Lapangan Futsal - lantai parket

Jenis lantai terbaik pertama yang direkomendasikan untuk lapangan futsal, yakni berupa lantai parket alias parket kayu. Berbeda dengan lantai vinyl, yang mana lantai parket terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan asing lainnya.

Dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan kayu asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan lantai parquet sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya kokoh dan kuat, penggunaan lantai parquet juga tentunya dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan futsal itu sendiri.

Terlebih untuk jenis parket jati yang memang terkenal dengan keindahan dan keawetannya. Bukan hanya itu, lantai parket memiliki permukaan dengan tekstur kesat sehingga tidak akan licin. Tentunya hal tersebut akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemain, karena dapat meminimalisir risiko terpeleset.

Seandainya terjatuh, kita pun tidak akan terlalu merasa sakit karena tekstur lantai parket yang tergolong cukup empuk. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai parket memiliki kemampuan yang dapat menghantarkan suhu hangat sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan.  

Baca Juga : Daftar Harga Kayu Kaso dan Jenis kayu Bangunan Lainnya

2. Lantai Semen

Jenis Lantai Terbaik Lapangan Futsal - lantai semen

Pada umumnya, desain lantai semen ini kerap kita temui pada rumah-rumah di daerah pedesaan. Seiring dengan berjalannya waktu, kini penggunaan lantai semen pun sudah mulai banyak diaplikasikan pada lapangan futsal indoor.

Pasalnya, proses pengerjaan desain lantai semen ini dianggap lebih praktis dan ekonomis lho. Kendati demikian, ternyata penggunaan lantai semen dapat menghadirkan nuansa yang lebih elegan dan modern pada lapangan futsal.

Terlebih jika cara pengerjaannya dilakukan dengan benar dan tepat, yang dijamin akan membuat tampilan lapangan futsal tampak lebiih berestetika. Untuk mendapatkan hal tersebut, maka proses finishing yang artistic harus diberi perhatian ekstra.

Dalam hal ini, anda harus memastikan permukaan finishing tidak bergelombang serta material semen yang digunakan harus terdiri carai campuran yang sama presisi. Ya, hal itu bertujuan agar tidak terjadi perbedaan warna lantai dan juga tidak timbul retak-retak di hasil akhirnya.

3. Lantai Vinyl

Jenis Lantai Terbaik Lapangan Futsal - lantai vinyl

Masih banyak yang beranggapan bahwa lantai vinyl merupakan parket kayu solid. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai vinyl tampil dengan motif yang menyerupai parket kayu solid (kayu asli). Padahal, lantai vinyl ini bukanlah bagian dari jenis parket solid.

Dari segi material, vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl tampil dengan tekstur yang lebih elastis dan fleksibel.

Meski lentur, bukan berarti juga bahwa lantai vinyl sama sekali tidak memiliki kekuatan. Dari sisi kekuatan, lantai vinyl tergolong cukup awet, tahan kelembapan, tahan korosi dan serangan rayap.

4. Lantai Interlock

Jenis Lantai Terbaik Lapangan Futsal - lantai interlock

Biasanya jenis lantai interlock ini sering diaplikasikan pada lapangan futsal indoor. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat materialnya terbuat dari baha polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi.

Selain awet, lantai yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. Adapun mengenai beragam varian warna yang tersedia, mulai dari yang gelap, terang, dan netral.

Dari segi pemasangan, lantai interlock ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, lantai interlock sudah dilengkapi dengan fitur knock down sehingga anda hanya tinggal membongkar pasang saja. Menariknya lagi, pada setiap sudutnya terdapat kuncian yang akan mempermudah kita saat memindahkan atau memasangnya kembali.

Akan tetapi, cara perawatan lantai interlock tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Saat hendak mengepelnya, sebaiknya anda menggunakan pel yang bertekstur lembut agar terhindar dari goresan.

5. Lantai Laminasi

Jenis Lantai Terbaik Lapangan Futsal - lantai laminasi

Lain halnya dengan lantai laminasi yang merupakan hasil pengembangan dari parket solid, yang bertujuan untuk menekan tingginya biaya produksi.

Material lantai laminasi terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin, kemudian dibentuk berupa lembaran-lembaran kayu. Biasanya lantai laminasi memiliki ketebalan 8-12 mm, dan panjangnya yang mencapai 1.28 – 1.3 mm.

Untuk, tentu saja lantai laminasi ini berada jauh dibawah parket solid. Lantai laminasi dibekali dengan sistem klik di bagian kanan, sedangkan bagian kirinya mengusung sistem interlocking, sehingga membuatnya cocok diaplikasikan pada lapangan indoor.

Baca Juga : Cara Memilih Gorden Agar Sesuai Dengan Kebutuhan

6. Lantai Atletik Poliuretan

Jenis Lantai Terbaik Lapangan Futsal - lantai atletik poliuretan

Berbicara soal jenis lantai yang kuat dan mampu menahan beban berat, maka lantai Atletik Poliuretan ini adalah jawabannya. Disamping kuat dan kokoh, jenis lantai tersebut juga memiliki tekstur permukaan yang mulus.

Dari segi fungsi, mungkin lantai Atletik Poliuretan ini bisa dibilang multifungsi alias serba guna. Sebab Atletik Poliuretan dapat diaplikasikan pada hampir semua gelanggang olahraga, seperti basket, futsal, volley ball, hingga pusat kebugaran.

7. Rumput Sintetis

Jenis Lantai Terbaik Lapangan Futsal - lantai rumput sintetis

Jenis material lantai terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk lapangan futsal, yaki berupa rumput sintetis. Tak hanya cocok digunakan pada lapangan futsal outdoor, bahkan lantai rumput sintetis juga sangat ideal diaplikasikan pada lapangan futsal indoor lho.

Jenis lantai yang satu ini memiliki tekstur empuk, sehingga dapat meningkatkan rasa nyaman dan aman bagi para pemainnya. Meski bertekstur empuk, namun lutut yang terkena goresan rumput sintetis ini bisa menimbulkan luka dan sensasi panas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beragam jenis material lantai terbaik untuk lapangan futsal, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membangun atau merenovasinya.

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Jenis Lantai Terbaik Untuk Lapangan Futsal"