Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Material Lantai Outdoor Terbaik Untuk Hunian

 

Jenis-jenis Material Lantai Outdoor Terbaik Untuk Hunian

Jenis Lantai Outdoor – Ada banyak sekali elemen yang dapat kita gunakan untuk mempercantik tampilan eksterior rumah. Ya, salah satunya adalah penggunaan alas lantai. Disamping dapat mempercantik tampilan area outdoor, pastinya keberadaan material lantai tersebut juga dapat meningkatkan rasa nyaman.

Akan tetapi, hal tersebut tergantung lagi pada jenis lantai outdoor yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis material lantai mempunyai spesifikasi yang berbeda-berda, mulai dari bentuk, warna, motif, tekstur, tingkat kekuatan, hingga harga.

Dengan kata lain, tidak semua jenis material lantai itu cocok diterapkan pada area outdoor. Lantas, jenis material manakah yang ideal digunakan untuk lantai outdoor?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis material lanta outdoor terbaik, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Jenis Material Lantai Outdoor Terbaik

1. Deck Wood

Jenis Material Lantai Outdoor Terbaik - deck wood

Deck wood alias decking kayu merupakan salah satu jenis material lantai terbaik yang direkomendasikan untuk area outdoor, seperti area halaman, taman, rooftop, balkon, hinggi tepian kolam. Sesuai dengan namanya, yang mana decking kayu ini terbuat dari bahan kayu solid (kayu utuh) tanpa adanya campuran bahan kimia.

Itu artinya, decking kayu memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal itu pun terbukti, dimana decking kayu tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca ekstrim.

Tak hanya unggul dari segi kekuatan, decking kayu juga memiliki tampilan eksotik yang dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural.

Bukan hanya itu, decking kayu pun dapat mengeluarkan aroma khas kayu yang akan membuat siapa saja bisa terbawa kedalam suasana nyaman dan rileks saat mencium wanginya. Hebatnya lagi, ternyata penggunaan decking kayu juga memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan tubuh lho.

Menurut para pakar kesehatan, yang menyebutkan bahwa lantai kayu memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ion-ion negatif. Bahkan, lantai kayu juga memiliki peranan cukup penting dalam mengatur suhu di area sekitar.   

Baca Juga : Daftar Harga Kayu Kaso dan Jenis Kayu Bangunan Lainnya

2. Lantai WPC

Jenis Material Lantai Outdoor Terbaik - lantai WPC

Jika dilihat dari tampilannya, sekilas lantai WPC ini memang tampak seperti decking kayu solid. Namun, yang membedakan dari kedua jenis decking tersebut terdapat pada materialnya. Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite. Adapun mengenai material lantai WPC yang terbuat dari perpaduan bahan serat kayu berkualitas tinggi dan polimer termoplastik.

Komposisi serat kayu pada lantai WPC ini sebanyak 60%, dan sisanya adalah polimer sintetis seperti polyethlene (PE), polypropylene (PP), coupling agents, UV stabilizer, dan pewarna.

Pada umumnya lantai WPC kerap diaplikasikan untuk area luar ruangan, seperti pinggiran kolam renang, halaman, taman, rooftop, balkon, dan lain sebagainya.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai WPC sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca. Tak hanya itu, lantai WPC juga tahan terhadap serangan rayap dan anti korosi.

3. Lantai Plester (Lantai Semen)

Jenis Material Lantai Outdoor Terbaik - lantai plester

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa lantai plester merupakan jenis lantai paling sederhana dan juga paling murah dari segi biaya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat proses pengerjaan lantai plester ini tidak berbeda jauh dengan proses pengerjaan memplester dinding yang di-aci sampai halus.

Meski demikian, terdapat pula perbedaan pada diantara kedua proses pengerjaan tersebut. Ya, pada proses pengerjaan lantai, maka akan dilakukan langkah penggosokan sampai halus dan mengkilap. Dengan begitu, warna yang ditampilkannya akan sama dengan warna semen pasir dan cenderung lebih gelap.

Pada beberapa penerapan yang dilakukan dengan merata (covering) dalam luas ruang, maka terdapat kelemahan saat terjadi retak karena tidak bisa diganti dengan material lain. Itu sebabnya, mengapa keretakan pada lantai plester harus ditambal dengan bahan yang sama, yakni berupa pasir dan semen.

4. Lantai Marmer

Jenis Material Lantai Outdoor Terbaik - lantai marmer

Bagi kamu yang ingin mempertegas nuansa kemewahan pada rumah, maka penggunaan lantai marmer ini adalah jawabannya. Pasalnya, lantai marmer memiliki kilauan bening sehingga dapat menciptakan nuansa mewah dan elegan.

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ketersediaan bahan bakunya yang terbatas.

Selain dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama.

Akan tetapi, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kalian ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

Dengan kata lain, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian? Pasalnya, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

5. Lantai Batu Alam

Jenis Material Lantai Outdoor Terbaik - lantai batu alam

Material lantai batu alam ini terdiri dari batu andesit, batu paras jogja, dan batu basalto. Batu andesit mempunyai karakter dan tekstur permukaan yang cocok diaplikasikan di area basah.

Adapun mengenai tampilannya yang mengusung warna abu-abu, sehingga akan menambahkan kesan mewah dan natural pada area outdoor di rumah. Bukan hanya itu, bahkan lantai batu alam juga memiliki daya serap tinggi terhadap air lho.

Ketika lantai batu alam diberi sentuhan coating yang tepat, maka jangan heran jika tampilan kolam renangmu akan semakin sedap untuk dipandang.

Begitu juga dengan batu basalto yang merupakan salah satu varian batu alam paling banyak digunakan untuk lantai pada tepian kolam renang. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tampilan batu basalto yang sangat mewah dan elegan.

Baca Juga : Cara Memilih Gorden Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Rumah 

6. Lantai Keramik

Jenis Material Lantai Outdoor Terbaik - lantai keramik

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini bukan? Hal itu bukan tanpa alasan, karena keramik merupakan salah satu material paling populer di pasaran.

Dinilai dari segi harga, material keramik ini memang menawarkan harga yang relatif murah dibanding lantai kayu maupun jenis material lantai lainnya. Tak hanya itu, material keramik juga hadir kedalam berbagai motif dan ukuran sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Selain diaplikasikan pada lantai, material keramik juga sering diaplikasikan untuk dinding. Namun, sebenarnya material keramik ini dinilai kurang cocok untuk diaplikasikan pada pinggiran kolam. Mengapa demikian? Pasalnya, permukaan keramik akan menjadi lebih licin saat terkena air.

Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Apalagi dengan tekstur permukaan keramik yang cukup keras, sehingga dapat membahayakan keselamatan kita saat terjatuh.

Nah, seperti itulah beberapa jenis material lantai outdoor terbaik yang paling recommended untuk hunian.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis lantai outdoor tersebut…???

 

 

1 komentar untuk "Jenis-jenis Material Lantai Outdoor Terbaik Untuk Hunian"

  1. When I first saw that they got here with a user manual it informed me that they really took their time to make a fantastic quality needle for us to make use of. From the art work to the packaging, the getting ready of the needles, the presentation, the performance, every little thing is there whenever you get the Police Needles. CNC Tattoo Supply group did a fantastic job with these needles proper here and throughout this article, I will explain and present you why I really feel this way. Electric Fireplace Inserts Interest in NIC has been demonstrated in a number of} different international locations, notably Brazil, Canada, Denmark, England, France, Germany, Iceland, Japan, Korea, Spain, Switzerland, and The Netherlands. If there’s a large measurement difference, you’ll have to plan for this end result of|as a result of} physical battle could both be ineffective or harmful .

    BalasHapus