Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Harga Bata Terbaru

 

Harga Bata Terbaru

Harga bata terbaru – Bata tentunya menjadi salah satu jenis material yang memang tidak bisa dipisahkan dalam bidang konstruksi.

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat fungsi utama bata digunakan sebagai pondasi bangunan. Sehingga tak heran jika material yang satu ini sangat mudah untuk kita jumpai di toko-tokok material. Harga bata dipasaran sangat bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan jenis serta banyaknya jumlah pesanan.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar daftar harga bata yang terbarunya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Harga Bata Berdasarkan Jenis

Harga Bata Merah

Harga Bata Merah

  • Bata merah kecil (ukuran 17 x 8 x 4 cm) : Rp 650 / buah
  • Bata merah jumbo (ukuran 20 x  x 5 cm) : Rp 950 / buah
  • Bata merah expose (ukuran 23 x 11 x 5 cm) : Rp 4.000 / buah

Baca Juga : Yuk, Kita Ketahui Jenis-jenis Pipa Paralon

Harga Batako

Harga Batako

  • Press Franco 3 lobang : Rp 1.200 / buah
  • Batako Jogja : Rp 3.600 / buah
  • Batako press lock : Rp 2.100 / buah
  • Batako putih : Rp 3.600 / buah
  • Batako semen : Rp 3.100 / buah
  • Batako murni : Rp 2.900 / buah
  • Batako press 3 lobang : Rp 1.200 / buah

Harga Bata Ringan (Bata Hebel)

Harga Bata Ringan (Bata Hebel)

  • Bata ringan hebel : Rp Rp 720.000 / M3
  • Bata ringan voscon : Rp 680.000 / M3
  • Bata ringan (ukuran 10 x 20 x 60) : Rp 680.000 / pcs
  • Bata ringan (ukuran7.5 x 20 x 60) : Rp 700.000 / pcs
  • Bata ringan (ukuran10 x 20 x 60) : Rp 680.000 / M3
  • Bata ringan (ukuran7.5 x 20 x 60) : Rp 680.000 / M3

Cara Memasang Bata Sendiri

Setelah mengetahui daftar harganya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai tata cara memasang bata sendirian.

1. Menyiapkan Alat-alat

Menyiapkan Alat-alat

Terdapat beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung proses pemasangan bata merah seperti cangkul, Cetok, Benang, Waterpass Meteran, Palu, Selang air berukuran kecil, dan Penggaris.

2. Lakukan Pengukuran

Lakukan Pengukuran

Apabila peralatannya sudah lengkap, maka kamu harus membuat acuan dengan menggunakan jidar yang berbahan kayu atau aluminium. Pada acuan vertical, maka harus mengukurnya dengan lurus. Sedangkan untuk acuan horizontal, kamu bisa menggunakan benang kasur yang diberi pemberat bandul lot.

3. Menggunakan Selang Kecil

Menggunakan Selang Kecil

Untuk mengukur tinggi pasangan bata merah pada satu sisi dan sisi lainnya, maka kamu harus menggunakan selang air kecil. Kemudian isi selangnya dengan air yang sudah diberi perwarna sebelumnya.

Selanjutnya kamu harus membuat spesi mortar fresh dengan menyesuaikan kebutuhan pemasangan. Tidak disarankan untuk membuat adukan spesi yang terlalu banyak jika belum dilakukan pemasangan. Pasalnya, spesi mortar akan mengeras karena terdapat bahan semen sehingga menjadi kurang pas untuk pemasangan bahan dinding tersebut.

4. Pemasangan Bata Baris Pertama

Pemasangan Bata Baris Pertama

Kemudian mulai untuk pemasangan pada baris pertama, dan jangan lupa untuk mematuhi pada ukuran penggaris yang digunakan. Selain itu, sesekali kamu harus mengukurnya dengan cara meneropong mata, dan pastikan jika pemasangannya sudah lurus.

Pemberian spesi mortar harus sama banyak dan sama tebal. Sebab jika berbeda, maka pemasangannya tidak akan rapi lho! Pemasangan bata merah harus bertahap. Dengan kata lain, kamu memasang seluas 1 meter ke samping dan 1 meter lagi ke atas. Lanjutkan cara yang sama hingga ke sisi lainnya.

Untuk informasi lengkap seputar jenis-jenis bata, silahkan klik tautan yang ada di bawah ini:

Review Jenis-jenis Batu Bata Beserta Spesifikasinya

5. Lakukan Pengecoran

Lakukan Pengecoran

Jika pemasangan batanya sudah selesai, lakukan pengecoran pada tiang di sudut-sudutnya. Tak hanya praktis, pengecoran ring balok pada sudut ruangan juga dapat memperkuat pasangan bata merah.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Apabila dirasa tidak yakin, sebaiknya kamu menggunakan jasa tukang yang memang ahli dibidangnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai daftar harga bata sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membangun atau merenovasi rumah.

Posting Komentar untuk "Mengintip Harga Bata Terbaru"