Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Pilihan Material Lantai Indoor yang Bagus Untuk Rumah

 

jenis-jenis material lantai indoor

Lantai indoor rumah – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa keberadaan lantai dengan sebuah hunian itu merupakan elemen yang tidak bisa dipisahkan antara satu sama lainnya.

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat alas lantai difungsikan untuk meningkatkan rasa nyaman pada pijakan kaki sehingga dapat mempermudah berbagai aktivitas didalam rumah. Lebih dari itu, keberadaan material lantai juga tentunya akan meningkatkan keindahan pada hunian.

Material lantai itu sendiri terbagi lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni lantai indoor dan outdoor. Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis lantai indoor terbaik untuk rumah.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Material Indoor yang Bagus & Berkualitas

1. Lantai Keramik

Ini dia salah satu jenis material lantai yang memang menjadi favoritnya bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal itu bukan tanpa sebab, karena Lantai keramik memiliki fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah.

5 Material Indoor yang Bagus & Berkualitas - lantai keramik

Tak hanya kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat. Bahkan yang lebih menariknya lagi, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep hunian rumah. Terdapat berbagai macam motif keramik yang dapat kita jumpai dipasaran, mulai dari motif beatu alam, pecahan kaca, kayu-kayuan, dan masih banyak lagi.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika keramik merupakan salah satu jenis lantai yang paling populer di pasaran.

Baca Selengkapnya : Yuk, Kita Ketahui Jenis-jenis Lantai Keramik

2. Lantai Marmer

Guna menghadirkan nuansa mewah pada interior rumah, maka penggunaan lantai marmer ini adalah jawabannya. Pasalnya, jenis lantai marmer memiliki kilauan bening yang begitu serasi dengan coraknya sehingga tampilan rumahmu akan tampak seperti rumahnya para bangsawan.

5 Material Indoor yang Bagus & Berkualitas - lantai marmer

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ketersediaan bahan bakunya yang terbatas.

Selain dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama. Akan tetapi, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kalian ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

Itu artinya, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Pasalnya, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

3. Lantai Plester

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lantai plester alias lantai semen merupakan jenis lantai paling sederhana dan juga paling murah dari segi biaya. Ya, hal tersebut dikarenakan proses pengerjaan lantai plester ini tidak berbeda jauh dengan proses pengerjaan memplester dinding yang di-aci sampai halus.

5 Material Indoor yang Bagus & Berkualitas - lantai plester

Mendati demikian, terdapat pula perbedaan pada diantara kedua proses pengerjaan tersebut. Ya, pada proses pengerjaan lantai, maka akan dilakukan langkah penggosokan sampai halus dan mengkilap. Dengan begitu, warna yang ditampilkannya akan sama dengan warna semen pasir dan cenderung lebih gelap.

Pada beberapa penerapan yang dilakukan dengan merata (covering) dalam luas ruang, maka terdapat kelemahan saat terjadi retak karena tidak bisa diganti dengan material lain. Itu sebabnya, mengapa keretakan pada lantai plester harus ditambal dengan bahan yang sama, yakni pasir dan semen.

4. Lantai Parket Solid

Ngomong-ngomong soal jenis material lantai kalangan menengah ke atas, maka lantai parket alias lantai kayu ini adalah jawabannya. Pasalnya, penggunaan lantai kayu solid atau parket ini kerap diaplikasikan pada perumahan-perumahan elit.

5 Material Indoor yang Bagus & Berkualitas - lantai parket solid

Ha itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai kayu solid dapat mempertegas nuansa kemewahan, elegan, dan natural. Bukan hanya itu, lantai kayu solid juga sudah terbukti kuat dan tahan lama karena materialnya yang terbuat dari kayu asli.

Sebenarnya ada beragam tipe lantai kayu solid yang tersedia dipasaran. Namun, tipe lantai kayu solid yang paling banyak diminati itu diantaranya adalah jati dan merbau

Baca Juga : Daftar Harga kayu Kaso dan Jenis Kayu Bangunan Lainnya

5. Lantai Parket Sintetis

Apabila harga parket solid dirasa kemahalan, maka parket sintetis ini merupakan pilihan paling tepat. Sebab harga lantai kayu sintetis ini lebih murah dibanding lantai kayu solid. Adapun mengenai dua jenis lantai parket sintetis yang paling populer dipasaran seperti berikut:

Lantai Vinyl

5 Material Indoor yang Bagus & Berkualitas - lantai vinyl

Material lantai vinyl terbuat dari campuran bahan karet dan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang. Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah dari lantai kayu solid. Sehingga tak heran, jika lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid.

Adapun berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif kayu, motif granit, motif marmer, motif batu alam, dan masih banyak lagi.

Lantai Laminated

5 Material Indoor yang Bagus & Berkualitas - lantai laminated

Jenis lantai kayu sintetis terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk kamu, yakni berupa lantai laminated (lantai laminasi). Dari segi materialnya, lantai laminate ini terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin.

Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  Dari segi kekuatan, lantai kayu laminated ini memang tidak sekuat lantai kayu solid.

Nah, itulah beberapa jenis material lantai indoor yang dapat memperindah tampilan rumahmu.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis material lantai tersebut..???

 

 

 

Posting Komentar untuk "Berbagai Pilihan Material Lantai Indoor yang Bagus Untuk Rumah"