Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Simple Paling Ampuh Untuk Membasmi Kutu Kayu

 

Cara Membasmi Kutu Kayu

Cara Membasmi Kutu Kayu – Ngomong-ngomong soal musuh bagi material kayu, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada rayap bukan? Binatang mungil yang satu ini memang selalu menimbulkan kerusakan serius pada semua material kayu.

Tak hanya rayap, ternyata ada juga jenis serangga lain yang kerap merusak material kayu lho. Ya, serangga tersebut bernama kutu kayu.

Nah, sebelum ke pembahasan intinya, ada baiknya jika kita berkenalan dulu dengan kutu kayu tersebut. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Mengenal Kutu Kayu

mengenal kutu kayu

Secara umum kutu kayu ini termasuk kedalam keluarga krustasea atau isopoda, dimana ia memiliki ciri fisik berbeda dengan rayap. Kutu kayu tampil dengan rangka luar berukuran panjang seperti kecoa, dan memiliki tekstur keras dengan 14 anggota badan bersendi yang tampak terlihat tersusun rapih. Pergerakan kutu kayu juga sangatlah lambat, serta lebih aktif dimalam hari ketimbang di siang hari.

Ketika disentuh dengan tangan manusia, maka kutu kayu ini akan menggulungkan badan dengan bentuk bulat seperti bola. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melindungi diri karena bagian punggungnya mempunyai tekstur yang lebih keras.

Keberadaan kutu kayu tentunya tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, kawanan kutu kayu tersebut akan membuat berbagai permasalahan lho!

Berbagai Dampak Akibat Serangan Kutu Kayu

1. Membuat Kerusakan Parah Pada Material Kayu

Membuat Kerusakan Parah Pada Material Kayu

Terdapat beberapa elemen rumah yang materialnya terbuat dari bahan kayu, seperti kusen jendela, pintu, meja, dan lain sebagainya. Apabila kawanan kutu kayu ini sampai menyerap bagian kusen, tentu saja dapat merusak struktur bangunan hingga membuatnya roboh. Apabila bagian kusen yang dimakan masih terbilang sedikit, maka segera basmi kawanan kutu kayu ini agar tidak menyerang lebih dalam lagi.

2. Merusak Furniture yang Berbahan Kayu

Merusak Furniture yang Berbahan Kayu

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa sebagian besar furniture yang ada dirumah itu terbuat dari bahan kayu. Seperti halnya hama rayap, dimana kutu kayu juga kerap menyerang furniture yang berbahan kayu. Terlebih untuk furniture yang berada di ruangan lembap seperti dapur, sehingga membuatnya menjadi sasaran empuk bagi kawanan kutu kayu.

Baca Juga : Lagi Nyari Furniture Untuk Rumah Modern Minimalis? Ini Dia Rekomendasinya

3. Memicu Gatal-gatal di Kulit

Memicu Gatal-gatal di Kulit

Selain merusak furniture yang berbahan kayu, jenis hama serangga yang satu ini juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lho! Jika kutu kayu tersebut sampai bersarang di tempat tidur, maka kulitmu akan terasa gatal-gatal dan kemerahan akibat gigitannya.

Bahkan yang lebih gawatnya lagi, ada kemungkinan kawanan kutu kayu tersebut akan masuk ke tubuh anda melalui lubang hidung dan telinga saat tertidur.

3 Cara Mudah Membasmi Kutu Kayu

1. Lapisi Celah Rumah Dengan Kawat Saringan

Lapisi Celah Rumah Dengan Kawat Saringan

Cara mudah pertama yang dapat kamu lakukan untuk membasmi kutu kayu, yakni pastikan tidak ada celah di area rumah.

Apabila di rumah anda terdapat ventilasi, maka lapisi dengan kawat saringan berukuran kecil agar tidak mengganggu sirkulasi udara sekaligus untuk mencegah masuknya kawanan kutu kayu. Selain itu, pastikan juga pada bagian bawah jendela maupun pintu tidak celah agar kutu kayu tidak masuk melalui area tersebut.

2. Menjaga Kelembaban Ruangan

Menjaga Kelembaban Ruangan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kutu kayu itu lebih suka hidup di area-area dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Sehingga tak heran jika kutu kayu akan memilih material kayu sebagai tempat berlindung.

Mengingat akan hal itu, penting bagi anda untuk senantiasa menjaga tingkat kelembaban udara pada setiap ruangan rumah. Sebenarnya ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga tingkat kelembaban pada rumah. Ya, salah satunya adalah pencahayaan alami.

Pencahayaan alami memiliki peranan yang penting dalam membasmi kawanan kutu kayu. Pasalnya, pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan.

Bahkan, kehadiran pencahayaan alami juga tentunya sangat membantu dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah.

Selain itu, masih ada lagi beberapa cara lainnya yang juga efektif untuk menjaga kelembaban ruangan rumah agar tetap stabil seperti berikut :

Gunakan Cat Anti Jamur

Tingkat kelembaban yang terlalu tinggi itu bisa memicu datangnya berbagai jenis penyakit. Tak terkecuali dengan dinding, dimana area tersebut juga kerap ditumbuhi oleh jamur akibat tingginya kelembaban ruangan.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, tentu saja anda harus menggunakan cat dinding yang dilengkapi dengan fitur anti jamur. Dengan menggunakan jenis cat tersebut, secara otomatis area dinding tidak akan mudah ditumbuhi oleh jamur.  

Artikel Serupa : Rekomendasi Cat Kayu Terbaik 2022

Gunakan Dehumudifier

Selain menggunakan cat tembok anti jamur, penting juga bagi anda untuk menggunakan dehumidifier guna menjaga tingkat kelembaban dalam ruangan rumah. Namun, terdapat satu kekurangan dari dehumidifier yang harus anda ketahui.

Untuk bisa mendapatkan alat yang satu ini, maka anda harus merogoh kantong yang cukup dalam lho. Pasalnya, produk dehumidifier dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Ya, terlebih untuk dehumidifier dengan merk-merk ternama, bisa dipastikan harga yang ditawarkannya sangatlah mahal.

Kendati demikian, fungsi dari dehumidifier ini benar-benar sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban dalam ruangan rumah.

Mengenai fungsinya, dehumidifier bertugas untuk menyerap kelembaban yang nantinya akan dirubah menjadi udara sejuk. Namun, harga alat dehumidifier ini tergolong cukup mahal.

Baca Juga : Harga Kayu Kaso dan Jenis Kayu Bangunan Lainnya

Gunakan Silica Gel

Jika budgetmu tidak bisa menjangkau harga dehumidifier, maka penggunaan silica gel ini merupakan pilihan yang paling tepat. Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun fungsi dari silica gel ini hampir mirip dengan alat dehumidifier. Silica gel sudah terbukti cukup efektif dalam menjaga tingkat kelembaban sebuah ruangan.

3. Wajib Membersihkan Rumah Secara Rutin

Wajib Membersihkan Rumah Secara Rutin

Tak hanya factor suhu ruangan, ternyata tingkat kebersihan juga menjadi salah satu factor yang dapat mengundang kawanan kutu kayu. Ya, rumah yang jarang dibersihkan tentunya menjadi tempat favoritnya bagi para kawanan kutu kayu.

Belum lagi didukung dengan kondisi ruangan yang lembab, sehingga akan membuat kutu kayu semakin betah dan berkembang biak secara cepat. Maka dari itu, kamu harus selalu memperhatikan tingkat kebersihan dalam rumah.

Bersihkan semua sampah-sampah yang tampak berserakan. Apabila banyak benda atau perabotan yang tidak terpakai, segera pindahkan ke area gudang agar tidak dijadikan tempat bersarang bagi koloni kutu kayu.

Nah, itulah beberapa cara mudah paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu kayu.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Simple Paling Ampuh Untuk Membasmi Kutu Kayu"