Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-jenis Bahan Pintu

 

Jenis-jenis Bahan Pintu

Jenis bahan pintu – Rasanya belum lengkap jika sebuah hunian tidak dilengkapi dengan pintu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pintu merupakan elemen yang tak dapat dipisahkan dalam konstruksi bangunan.

Pasalnya, pintu menjadi akses keluar masuk bagi penghuninya. Tak Cuma itu, keberadaan pintu juga bisa menjadi pelindung dari berbagai hal-hal buruk. Bahkan, penggunaan pintu pun dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian itu sendiri.

Namun, hal tersebut tergantung lagi pada jenis bahan pintu yang digunakan. Ya, sebab pada masing-masing bahan pintu memiliki karakteristik tersendiri.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis bahan pintu. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

7 Jenis Bahan Pintu Terbaik

1. Pintu Kayu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kayu merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan untuk pintu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu sangat mudah dijumpai di pasaran.

7 Jenis Bahan Pintu Terbaik - pintu kayu

Tak hanya dapat digunakan di berbagai ruangan, bahkan pintu kayu juga dapat meninkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Adapun mengenai pintu kayu yang akan dibedakan kedalam dua tipe berbeda, yakni pintu kayu solid dan pintu kayu engineering.

Biasanya pintu solid cocok diaplikasikan untuk pintu utama maupun eksterior, sedangkan pintu kayu engineering sering digunakan sebagai pintu dalam atau interior.

Baca Juga : Harga Kayu Kaso dan Jenis Kayu Bangunan Lainnya

2. Pintu PVC

Apa yang dimaksud dengan pintu PVC..??? Perlu diketahui, istilah PVC merupakan singkatan dari poly vinyl chloride yang terbuat dari bahan plastik. Pada umumnya, material yang satu ini kerap kita jumpai pada produk pipa paralon (pipa saluran air) lantai sintetis.

7 Jenis Bahan Pintu Terbaik - pintu pvc

Disamping harganya yang relative terjangkau, pintu PVC pun memiliki daya tahan yang cukup mumpuni. Seperti halnya jenis pintu Aluminium, yang mana pintu PVC juga sering diaplikasikan untuk pintu kamar mandi.

Dari segi spesifikasinya, pintu PVC ini memang tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca. Tak hanya itu, tampilan pintu PVC pun terkesan monoton sehingga kurang cocok digunakan sebagai pintu utama.

Kabar baiknya, kini telah hadir pintu PVC yang menyediakan beragam motif menarik seperti motif kayu lho. 

3. Pintu uPVC

Material uPVC ini boleh dibilang sebagai bentuk upgrade dari bahan PVC. Sehingga tak heran jika tingkat kekuatan pintu uPVC lebih bagus dari pintu PVC. Pasalnya, material uPVC yang memang lebih kaku dan keras.

7 Jenis Bahan Pintu Terbaik - pintu upvc

Biasanya pintu uPVC sering diaplikasikan untuk pintu depan rumah, karena karakteristiknya yang tahan terhadap air dan perubahan cuaca. Tak hanya dijadikan sebagai pintu rumah, bahkan material uPVC juga kerap digunakan untuk bodi pesawat terbang.

4. Pintu Fiberglass

7 Jenis Bahan Pintu Terbaik - pintu fiberglass

Sesuai dengan namanya, dimana Fiberglass ini merupakan anyaman dari bahan kaca yang mempunyai bobot ringan, aman, serta kokoh. Bukan hanya itu, jenis pintu yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan tingkat insulasi tinggi sehingga membuatnya kuat terhadap perubahan cuaca ekstrim sekalipun.

Untuk mempertegas nuansa keindahannya, kamu dapat menggabungkan pintu Fiberglass dengan pintu panel. Tak hanya cocok dijadikan sebagai eksterior, bahkan pintu Fiberglass juga sangat ideal dijadikan untuk interior.

5. Pintu Baja

7 Jenis Bahan Pintu Terbaik - pintu baja

Untuk kamu yang ingin mendapatkan keamanan ekstra, maka pintu baja ini adalah jawabannya. Tak hanya kokoh dan kuat, proses pemasangan pintu baja pun tergolong cukup mudah karena sifatnya yang efisien untuk konstruksi.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, jenis pintu baja tidak akan mampu ditembus oleh rayap lho. Dengan begitu, kamu tidak perlu memberinya perawatan khusus. Untuk pengaplikasiannya, pintu baja ini lebih cocok dijadikan sebagai pintu utama.

6. Pintu Alumunium

7 Jenis Bahan Pintu Terbaik - pintu alumunium

Berbicara soal material pintu yang tahan terhadap serangan rayap, maka bahan Aluminium ini merupakan pilihan paling tepat. Selain tahan serangan rayap, jenis material pintu yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan iklim di Indonesia lho.

Baca Juga : Ini Dia Trik Simple yang Ampuh Untuk Membasmi Rayap

Mengenai fungsinya, pintu Aluminium ini sering digunakan untuk pintu gudang atau kamar mandi. Mengapa demikian? Pasalnya, tampilan pada pintu Aluminium ini terkesan sangat sederhana sehingga dinilai kurang cocok dijadikan sebagai pintu utama (eksterior).

7. Pintu Kaca

Penggunaan pintu yang berbahan kaca mampu menghadirkan nuansa yang lebih mewah dan elegan. Itu sebabnya, mengapa pintu kaca sering kita jumpai pada perumahan-perumahan modern.

7 Jenis Bahan Pintu Terbaik - pintu kaca

Agar orang dari luar tidak bisa melihat kedalam rumah, maka kamu bisa menambahkan sandblast sehingga tidak tembus pandang. Biasanya pintu kaca sering diaplikasikan untuk pintu utama maupun pintu menuju taman.

Nah, itulah beberapa jenis bahan pintu rumah yang paling banyak diaplikasikan. Setelah mengetahui bahan-bahan pintu, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai cara memilih pintu untuk rumah minimalis.

Tips Memilih Pintu Untuk Rumah Minimalis

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa rumah tipe minimalis itu memiliki lahan yang tidak terlalu luas.

Oleh karena itu, ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan sebelum membangun maupun merenovasi rumah minimalis. Begitu pun dalam pemilihan jenis pintu untuk rumah tipe minimalis.

Baca Selengkapnya : Cara Mudah Memilih Jenis Pintu Untuk Rumah Minimalis

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-jenis Bahan Pintu"