Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Cara Mudah Mendesain Interior Ruang Billiard Pribadi Dirumah

Cara Mudah Mendesain Interior Ruang Billiard Pribadi Dirumah

Interior ruang billiard dirumah - Dalam sebuah hunian tentunya terdiri dari beberapa ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun, terkadang ada ruang kosong yang tidak terpakai sehingga dibiarkan begitu saja. 

Daripada tidak terpakai, sebaiknya ruangan kosong tersebut kamu manfaatkan untuk membuat arena billiard pribadi. 

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa cara mudah dalam menata desain interior ruang billiard dirumah. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja lagsung ulasannya dibawah ini. 

5 Langkah Simple Mempercantik Ruang Billiard

1. Sediakan Pencahayaan yang Memadai

Sediakan Pencahayaan yang Memadai

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pencahayaan menjadi elemen yang paling penting dalam menunjang kegiatan billiard. Biasanya, ruang biliyard kerap menggunakan jenis lampu gantung agar lebih banyak memberikan cahaya ke area mejanya.

Adapun bagian lain dari ruangan yang dapat diterangi dengan menggunakan lampu dinding, atau lampu langit-langit built-in dengan menerapkan system indirect lighting.

2. Sediakan Tempat Duduk yang Nyaman

Sediakan Tempat Duduk yang Nyaman

Selain pencahayaan, jangan lupa untuk melengkapi ruang billiard dengan area duduk. Ya, area duduk ini biasanya ditujukan untuk orang lain yang hendak menonton pertandingan. Apabila kamu memiliki budget lebih, sebaiknya gunakan kursi yang materialnya berkualitas tinggi guna meningkatkan rasa nyaman bagi para pengunjung.

Bukan hanya itu, sebaiknya ruang billiard tersebut juga sudah dilengkapi dengan rak. Pasalnya, elemen yang satu ini berperan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang-barang, seperti tas, sepatu, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

3. Sediakan Fasilitas Pendukung Lainnya

Sediakan Fasilitas Pendukung Lainnya

Tak hanya menyediakan meja dan cue (tongkat), tentunya harus ada fasilitas tambahan guna mendukung kegiatan serta kenyamanan bagi semua pengunjung. Ya, fasilitas tambahan tersebut berupa tv, radio, mp3, lemari pendingin minuman, kedai, café, dan lain sebagainya.

Menurut informasi yang didapat, ukuran meja biliard yang sering digunakan di Indonesia itu memiliki lebar 106,68 cm, panjang 213,36 cm, lebar 96,52 cm, dan panjang area bermain 193,04 cm. Sedangkan ukuran cue atau tongkatnya adalah 24 – 52 inch (1 inch = 2,54 cm).

4. Jangan Lupa Hadirkan Sirkulasi Udara

Jangan Lupa Hadirkan Sirkulasi Udara

Tingkat kenyamanan dalam ruang billiard itu bukan hanya terletak pada kelengkapan fasilitas dan penggunaan interiornya saja, melainkan juga didukung oleh adanya sirkulasi udara. 

Nah, agar ruang billiard tidak terlalu pengap, maka harus ada sirkulasi udara yang baik sehingga membuatnya lebih nyaman. Bukan hanya itu, bahkan keberadaan sirkulasi udara yang mumpuni juga akan membuat ruang billiard menjadi tidak mudah berbau.

5. Gunakan Material Lantai yang Tepat

Gunakan Material Lantai yang Tepat

Ternyata masih ada saja sebagian orang yang belum menyadari bahwa material lantai memiliki pengaruh terhadap tingkat kenyamanan dalam ruang billiard. Tak hanya sekedar memberi kenyamanan, bahkan keberadaan lantai juga dapat meningkatkan keindahan pada interior ruang billiard tersebut.

Namun, hal tersebut tergantung lagi pada jenis material lantai yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis material lantai mempunyai ciri khasnya tersendiri. Ya, mulai dari tekstur, warna, corak, tingkat kekuatan, tingkat ketahanan, hingga harga.

Untuk menonjolkan kesan estetik, sebaiknya kamu gunakan material lantai yang berbahan kayu alias parket. Hal itu bukan tanpa sebab, karena penggunaan lantai kayu dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural.

Artikel Serupa : Ingin Gunakan Lantai Kayu Solid? Cek Dulu Kelebihan & Kekurangannya

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dirumah untuk menata desain interior ruang billiard pribadi. 


Posting Komentar untuk " Berikut Cara Mudah Mendesain Interior Ruang Billiard Pribadi Dirumah"